Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Agu 2019 17:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Unik! Belitung Punya 'Museum' Khusus Geopark

Shinta Angriyana
detikTravel
Museum geopark Belitung (Shinta/detikcom)
Museum geopark Belitung (Shinta/detikcom)
Balitung - Belitung kini serius untuk menjual geopark kepada wisatawan internasional. Bahkan, ada tempat khusus untuk mengenal Geopark lho.

Inilah Geopark Information Center yang dimiliki Belitung. Juli 2019 lalu, UNESCO menilai sejumlah tempat di Indonesia salah satunya Belitung untuk dinobatkan menjadi warisan budaya dunia.

Lokasi Geopark Information Center ini berada di Jalan Seroja nomor 484, Tanjung Pandan, Belitung. Ada kisah menarik mengenai asal-usul pembuatan pusat geopark ini.

(Shinta/detikcom)(Shinta/detikcom)
Dulunya, ini adalah rumah pemerintah yang diberikan kepada wakil bupati Belitung Isyak Meirobe. Namun, Isyak merelakan rumah ini dan mengambil rumah lain agar bisa dijadikan pusat informasi geopark.

Meski masih terlihat sederhana, pusat informasi geopark ini cukup informatif. Dari mulai masuk, traveler akan melihat berbagai geopark di dunia yang sudah diakui oleh UNESCO.

Selain itu, di setiap sudutnya juga terdapat informasi berbagai Geopark di Belitung. Misalnya saja, Geosite Juru Sebrang, Geosite Bukit Limbongan dan berbagai tempat lainnya.

(Shinta/detikcom)(Shinta/detikcom)
Selain informasi melalui sejumlah poster, di sini juga ada berbagai macam informasi yang dibuat secara digital. Misalnya seperti audio visual, agar mempermudah wisatawan.

Ada yang unik dari Geopark Information Center di Belitung ini. Di sini, ada replika pulau Belitung yang unik, sehingga traveler bukan saja bisa membaca tapi melihat langsung dengan pengalaman yang berbeda.

(Shinta/detikcom)(Shinta/detikcom)
Jika ingin mengetahui lebih lanjut, disediakan pula sejumlah brosur yang diberikan. Sehingga, pengunjung akan lebih mudah dan menyenangkan. Nantinya, pusat informasi geopark ini akan dikembangkan lebih besar dengan sejumlah fasilitas untuk memanjakan pengetahuan pengunjung.

Simak Video "Pesona Pulau Belitung dan Wisata Global"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA