Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Agu 2019 13:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tahukah Kamu, Banyuwangi Punya Taman Isinya 1.000 Patung Penari

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Taman 1.000 Patung Penari Gandrung di Banyuwangi (Rachman Haryanto/detikcom)
Taman 1.000 Patung Penari Gandrung di Banyuwangi (Rachman Haryanto/detikcom)
Banyuwangi - Belakangan ini viral kisah misteri KKN di Desa Penari. Tahukah kamu, di Banyuwangi ada taman cantik yang isinya 1.000 patung penari. Penasaran?

Kisah KKN Desa Penari viral di kalangan traveler. Berawal dari media sosial Twitter, kini Kisah KKN Desa Penari sudah menyebar kemana-mana. Bahkan ada yang menerka-nerka dimana lokasi desa tersebut.

Asal traveler tahu, di Banyuwangi ada satu destinasi yang punya sekitar 1.000 patung penari gandrung. Nama destinasi ini adalah Taman Gandrung Terakota. detikcom pernah berkunjung ke taman ini beberapa waktu yang lalu.

Tari Gandrung memang identik dengan Banyuwangi. Bisa dibilang, Gandrung adalah tarian khas dari kabupaten di ujung paling timur Pulau Jawa itu.

Tahukah Kamu, Banyuwangi Punya Taman Isinya 1.000 Patung PenariTaman Gandrung Terakota (Rachman Haryanto/detikcom)


Tarian Gandrung Banyuwangi pada awalnya dibawakan sebagai perwujudan rasa syukur masyarakat pasca dilakukannya panen. Gandrung sendiri berarti terpesonanya masyarakat Blambangan yang agraris kepada Dewi Sri sebagai Dewi Padi yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

Tari Gandrung masih satu genre dengan Tari Tayub di Jawa Tengah dan Jawa Timur bagian barat, Lengger di wilayah Banyumas dan Joged Bumbung di Bali. Tarian ini melibatkan seorang wanita penari profesional yang menari bersama-sama tamu terutama pria, dengan iringan musik gamelan.

Gandrung merupakan seni pertunjukan tari yang disajikan dengan iringan musik khas Gamelan Osing. Tarian dilakukan dalam bentuk berpasangan antara perempuan (penari gandrung) dan laki-laki (pemaju) yang dikenal dengan 'paju'.

Tahukah Kamu, Banyuwangi Punya Taman Isinya 1.000 Patung PenariPatung penari gandrung (Rachman Haryanto/detikcom)


Biasanya Tari Gandrung dipentaskan pada acara perkawinan, pethik laut, khitanan, tujuh belasan dan acara-acara resmi maupun tak resmi lainnya. Hampir semua daerah di Banyuwangi atau daerah sekitarnya mengenal Gandrung sebagai bentuk tari

Pertunjukan Tari Gandrung biasanya dimulai sekitar pukul 21.00 dan berakhir hingga menjelang subuh sekitar pukul 04.00 WIB. Nyaris semalam suntuk, sama seperti pertunjukan wayang kulit.

Tak salah jika Banyuwangi lekat dengan Gandrung. Bahkan dijuluki sebagai Kota Gandrung. Oleh karena itu, sebagai ikon pariwisata dibangunlah Taman Gandrung Terakota yang isinya ribuan patung penari gandrung yang terbuat dari tanah liat.

Tahukah Kamu, Banyuwangi Punya Taman Isinya 1.000 Patung PenariTari gandrung lekat dengan Banyuwangi (Rachman Haryanto/detikcom)


Taman Gandrung Terakota ini menjadi kesatuan dengan Jiwa Jawa Resort, sebuah penginapan bernuansa seni di Desa Taman Sari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Taman ini dibangun jadi sebuah 'Situs Rawat Ruwat' seni budaya.

Di dalamnya, ada amfiteater terbuka, galeri seni rupa, pementasan dramatari, perhelatan musik, dan beragam tanaman endemik daerah setempat dipadukan dengan patung-patung penari Gandrung tersebut, menjadikan taman ini jadi destinasi yang sayang dilewatkan kalau liburan ke Banyuwangi.

Nah, soal kaitan antara cerita horror KKN Desa Penari dengan Tari Gandrung Banyuwangi biarlah itu tetap jadi misteri. Yang jelas, Tari Gandrung adalah kesenian lokal Banyuwangi yang patut diapresiasi sebagai daya tarik wisata. Begitu juga dengan Taman Gandrung Terakota Banyuwangi yang eksotis ini.

Simak Video "Viral di Media Sosial, 'KKN Desa Penari' Bakal Jadi Novel"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA