Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Agu 2019 16:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jangan Kaget, Jajan di Pasar Ini Bayarnya Pakai Koin Kayu

Harianto Nukman
detikTravel
Belanja di Pasar Minggu yang unik di Lombok Utara (dok. Disbudpar KLU)
Belanja di Pasar Minggu yang unik di Lombok Utara (dok. Disbudpar KLU)
Lombok Utara - Jangan kaget kalau kebetulan sedang jajan di Pasar Minggu, Lombok Utara. Belanja di pasar unik ini tidak memakai uang rupiah, tapi koin kayu.

Satu lagi tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi di Lombok Utara, yaitu Pasar Minggu di Ekowisata Kerujuk. Destinasi ini menawarkan suasana alam hijau pedesaan buat traveler.

Kondisi seperti itu tidak hanya bisa ditemui di Pasar Papringan di Kabupaten Temanggung atau seperti yang ada di Pasar Kalangon, Jawa Tengah.

Suasana yang sama juga bakal traveler temukan di Pasar Minggu Ekowisata Kerujuk yang berada di Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB.

"Nggih, setiap hari Minggu saja bukanya. Persis seperti di Pasar Papringan," ungkap Ketua Pokdarwis Ekowisata Kerujuk, Lukmanul Hakim kepada detikcom.

Jangan Kaget, Jajan di Pasar Ini Bayarnya Pakai Koin KayuFoto: (dok. Disbudpar KLU)


Setelah dilaunching pada hari Minggu (25/8/2019) lalu, Pasar Minggu di Ekowisata Kerujuk ini rencananya akan rutin diadakan setiap akhir pekan. Suasana pasar ini masih asri dan alami.

Pasar Minggu ini menyediakan berbagai makanan tradisional Lombok Utara, seperti pelecing kangkung, sate babat, sate ikan, pepes ikan, dan jajanan tradisional lainnya.

Sistem pembayaran di pasar minggu kerujuk ini juga terbilang unik. Pengunjung bisa menukarkan uang cash dengan koin kayu yang terdapat nominal 10, 5 dan 2,5 dan langsung bisa dibelanjakan di tenten (warung) yang ada di sana.

Jangan Kaget, Jajan di Pasar Ini Bayarnya Pakai Koin KayuFoto: (dok. Disbudpar KLU)


Traveler juga bisa membeli oleh-oleh seperti gantungam kunci dengan ikon Ekowisata Kerujuk di dalamnya.

Beragam kegiatan dapat dilakukan di Ekowisata Kerujuk. Selain berbelanja dan mencicipi kuliner di pasar Minggu, traveler juga bisa memancing ikan, bersepeda, melakukan outbound dan bermain flying fox.

"Hanya kita tambah beberapa atraksi, seperti spot foto, wisata sepeda, mancing, flying fox, permainan tradisional, dan lain-lain," katanya.

Jangan Kaget, Jajan di Pasar Ini Bayarnya Pakai Koin KayuFoto: (dok. Disbudpar KLU)


Tujuan digagasnya Pasar Minggu ini untuk membangkitkan kembali ekonomi warga di sekitarnya pasca bencana gempa bumi yang terjadi setahun silam.

Berkunjung di tempat ini juga akan dikenalkan beraneka panganan lokal, permainan tradisional dan beberapa paket wisata lainnya.

Yuk, tunggu apalagi, mari berkunjung ke Ekowisata Kerujuk, Lombok Utara!

Simak Video "Sejarah Peradaban Desa Sembalun di Kaki Gunung Rinjani"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA