Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Agu 2019 19:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Rowo Bayu yang Disebut Terkait Cerita KKN di Desa Penari

Ardian Fanani
detikTravel
Danau Rowo Bayu di Banyuwangi (Ardian Fanani/detikcom)
Danau Rowo Bayu di Banyuwangi (Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Rowo Bayu adalah sebuah danau yang asri di pedalaman Banyuwangi. Namanya mendadak viral karena diduga terkait cerita horor KKN di Desa Penari.

Cerita horor di medsos yang berjudul KKN di Desa Penari menjadi perbincangan dan viral. Sebab cerita tersebut diduga berlatar belakang di Banyuwangi. Meski penulis tak menyebutkan secara detail lokasi desa penari tersebut, namun para netizen berspekulasi lokasi yang disebutkan dalam cerita tersebut berada di Banyuwangi.

detikcom mencoba menelusuri daerah yang diduga menjadi lokasi KKN di Desa Penari itu. Salah satunya adalah Desa Bayu, di Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

Di Kecamatan Songgon, memang terdapat Danau Rowo Bayu yang berada di sekitar hutan, kaki gunung Raung. Pantauan detikcom di lokasi, danau itu terletak terletak di sekitar sumber air dan petilasan Prabu Tawang Alun yang menjadi tempat yang dikeramatkan.

Petilasan Prabu Tawang Alun (Ardian/detikcom)Petilasan Prabu Tawang Alun (Ardian/detikcom)

Danau ini pun sudah menjadi objek wisata. Tampak bekas event wisata bertajuk Festival Rowo Bayu beberapa waktu lalu. Sementara itu di balik petilasan Raja Blambangan itu ada pancuran mata air tempat pemandian. Suasananya tampak begitu sepi di sana.

Lokasi ini berada sekitar 45 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Lokasi ini berbatasan langsung dengan hutan di wilayah Barat atau di sekitar Gunung Raung.

Namun hutan Dadapan yang disebutkan dalam cerita tersebut tak ditemukan. Bahkan untuk cerita mistis tentang penari di wilayah tersebut tak pernah terdengar.

Pemandian di belakang petilasan (Ardian/detikcom)Pemandian di belakang petilasan (Ardian/detikcom)

"Selama ini memang wilayah itu banyak yang bercerita mistis. Tapi memang relatif ya karena masing-masing punya hak sendiri untuk menilai kemistisan sesuatu atau daerah," ujar Kunto, Camat Songgon kepada detikcom, Jumat (30/8/2019).

Menurut Kunto, dirinya baru mengetahui viralnya cerita tersebut saat dihubungi detikcom. Terkait dengan hutan Dadapan yang disebut-sebut netizen, dirinya mengaku tak mengetahui. Sebab di Kecamatan Songgon tidak ada hutan Dadapan.

"Kalau Hutan Dadapan tidak ada. Nama lingkungan pun tidak ada. Kalau di Banyuwangi ya Dadapan itu sebuah wilayah di Kecamatan Kabat. Wilayahnya di pinggir jalan besar," pungkasnya.

Simak Video "Gagal Seram! Ini Meme-meme Kocak KKN di Desa Penari"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA