Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Sep 2019 06:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Seputar Museum MACAN di Jakarta yang Instagramable Banget

Virgina Maulita Putri
detikTravel
Seputar Museum MACAN di Jakarta yang Instagramable Banget Foto: Tia Agnes
Seputar Museum MACAN di Jakarta yang Instagramable Banget Foto: Tia Agnes
Jakarta - Beberapa tahun belakangan Museum MACAN menjadi tujuan wisata yang hits untuk warga ibu kota. Pasalnya pameran yang diadakan di museum ini selalu terlihat Instagramable untuk ditampilkan di feed media sosial pengunjungnya.

Tapi, di sini kalian tidak hanya bisa menikmati karya seni yang dipamerkan atau sekedar berfoto-foto saja karena kalian juga bisa belajar mengenai seni kontemporer. Nama Museum MACAN sendiri merupakan singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara.



Tertarik mengunjungi Museum MACAN dalam waktu dekat? Simak dulu fakta-fakta seputar Museum MACAN yang dirangkum detikTravel dari berbagai sumber.

1. Dibuka Tahun 2017

Museum MACAN didirikan oleh Haryanto Adikoesoemo, seorang pengusaha asal Surabaya yang juga kolektor karya seni. Museum ini pertama kali dibuka untuk umum pada November 2017.

2. Koleksi

Koleksi Museum MACAN meliputi lukisan serta instalasi seni dari berbagai medium dan teknik. Koleksi di museum ini fokus kepada seni kontemporer dari Indonesia, Eropa, Amerika dan Asia.

3. Pameran

Selain koleksi-koleksi tersebut, Musuem MACAN juga mengadakan program pameran yang temanya selalu berganti-ganti. Misalnya pameran retrospektif 'Yayoi Kusama: Life Is The Heart of A Rainbow' yang menghadirkan 130 karya seniman nyentrik asal Jepang, Yayoi Kusama yang diadakan pada 12 Mei sampai 9 September 2018.

Kabar baiknya, instalasi 'Infinity Mirrored Room - Brilliance of the Souls' yang merupakan bagian dari pameran retrospektif tersebut hadir kembali di Museum MACAN secara permanen mulai 26 Maret 2019.

Saat ini, Museum MACAN sedang mengadakan pameran retrospektif karya seniman Xu Bing dengan tema 'Xu Bing: Thought and Method'. Pameran ini menampilkan 60 karya seniman asal China tersebut dan bisa dinikmati mulai 31 Agustus 2019 hingga 12 Januari 2020.

Untuk kalian yang membawa anak jangan khawatir, karena ada ruang seni yang khusus untuk anak yang saat ini diisi instalasi 'Main Getah/Rubberscape' karya Shooshie Sulaiman. Di sini kalian bisa mengajari anak untuk membuat karya yang terinspirasi dari pohon karet.



4. Masuk Daftar Tempat Terbaik di Dunia

Museum MACAN masuk ke dalam daftar 100 tempat terbaik di dunia tahun 2018 versi majalah Time. Museum ini menjadi satu-satunya wakil Indonesia di daftar yang mencakup tempat-tempat terbaik di 48 negara tersebut.

5. Alamat Museum MACAN

Museum MACAN bertemapt di gedung AKR Tower Level M. Alamat tepatnya di Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Museum ini buka setiap hari Selasa-Minggu pukul 10.00 WIB hingga 18.00 WIB.

6. Tiket Museum MACAN

Kalian bisa membeli tiket masuk Museum MACAN secara langsung di loket tiket di hari kedatangan atau secara online lewat situs resmi Museum MACAN. Harga tiketnya Rp 100.000 untuk dewasa, Rp 90.000 untuk lansia dan Rp 80.000 untuk anak-anak.

Dengan membayar harga tiket tersebut, kalian bisa menikmati pameran 'Xu Bing: Thought and Method', koleksi Museum MACAN, instalasi 'Main Getah/Rubberscape' di Ruang Seni Anak, serta instalasi 'Infinity Mirrored Room - Brilliance of the Souls'.

Simak Video "Mengenal Perupa Taring Padi yang Sudah Berkarya Sejak Orde Baru "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA