Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Sep 2019 09:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Teknologi Peninggalan BJ Habibie di Sukabumi

Syahdan Alamsyah
detikTravel
Puncak Habibie di Sukabumi (dok Detikcom)
Puncak Habibie di Sukabumi (dok Detikcom)
Sukabumi - Warga Sukabumi beruntung memilki salah satu peninggalan BJ Habibie. Mereka punya instalasi teknologi pengujian petir yang ada sejak zaman Soeharto.

Bagi warga Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi nama Puncak Habibie sudah tidak asing lagi. Ternyata penamaan itu memang ada kaitannya dengan sosok mendiang Presiden ke-3 RI, BJ Habibie.

Tepat di puncak bukit terdapat instalasi radar dan penangkal petir buatan BJ Habibie ketika masih menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi di era Presiden Soeharto.

"Dari posisi puncak di tempat tersebut terdapat bangunan fasilitas pengujian petir bagi pesawat yang dibuat oleh IPTN. Aset itu dibangun oleh Prof BJ Habibie saat menjabat sebagai Menristek," kata Bupati Sukabumi, Marwan Hamami kepada detikcom, Kamis (12/9/2019).

Teknologi Peninggalan BJ Habibie di Sukabumi(dok detikcom)

Dikatakan Marwan bagi masyarakat Sukabumi, penamaan Puncak Habibie adalah bentuk penghargaan yang terucap oleh masyarakat atas karya teknologi yang dibuat oleh almarhum Habibie hingga akhirnya nama itu diabadikan hingga saat ini. Sebelumnya puncak itu dikenal dengan sebutan Puncak Kembang.

"Masyarakat Sukabumi mengabadikan nama puncak yang awalnya bernama Puncak Kembang menjadi Puncak Habibie pada tahun 1990. Meninggalnya beliau tentunya menyisakan rasa duka bagi warga Kabupaten Sukabumi termasuk saya pribadi sebagai Bupati Sukabumi," lanjut Marwan.

Selain Puncak Habibie, di Sukabumi juga terdapat Yayasan Al Kautsar yang bergerak di bidang pendidikan yang dibantu Yayasan Habibie. Sekolah yang menerapkan sistem asrama itu berada di Cidahu dan Bojonggenteng.

"Salah satu pendiri sekaligus pendukung dana untuk lembaga pendidikan tersebut adalah Yayasan Habibie. Berada di Cidahu dan Bojonggenteng. Nama Yayasan Pendidikan Boarding Al Kautsar, SMA dan hari ini SMP nya juga ada," ujar Marwan.

"Semoga apa yang beliau lakukan untuk masyarakat Sukabumi menjadi tambahan pahala, semoga Allah memberkati dan mengampuni segala dosa-dosanya," imbuh Marwan.

Puncak Habibie berada di Jalan Raya Cisolok yang berbatasan langsung dengan Provinsi Banten. Dari puncak bukit tepat di area instalasi teknologi karya Habibie memang menyuguhkan pemandangan indah yang memanjakan mata.

"Kalau dari puncaknya kita bisa melihat pemandangan secara utuh hamparan keindahan teluk Pelabuhanratu," tandas Marwan.



Simak Video "Selamat Jalan Bapak Teknologi Indonesia, BJ Habibie"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA