Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Sep 2019 16:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan di Afrika, Ini di Selatan Indonesia

Afif Farhan
detikTravel
Selamat datang di Batu Termanu (Abdul Haris/detikcom)
Selamat datang di Batu Termanu (Abdul Haris/detikcom)
Rote - Bayangkan padang savana yang luas dengan hutan dan lanskap bebatuan raksasa. Bukan di Afrika, ini di Rote di selatan Indonesia.

Kabupaten Rote Ndao di NTT dengan Pulau Rote yang merupakan pulau terbesar dan paling banyak penduduknya, memiliki banyak destinasi wisata. Salah satunya adalah Batu Termanu.

Tim Tapal Batas detikcom bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) mendatangi Batu Termanu baru-baru ini. Lokasinya berada di Desa Onatali, tak jauh dari pusat Kota Baa, Kecamatan Lobalain.

BACA JUGA: Selamat Datang di Rote, Titik Paling Selatan Indonesia

Tampak dari kejauhan, sebuah batu besar menjulang tinggi terlihat unik dan indah. Jalanan menuju ke sana masih alami berupa bebatuan dan pasir, harus berhati-hati apalagi kalau naik sepeda motor.

Begitu tiba di Batu Termanu, batu besar tersebut makin terlihat jelas. Inilah dia Batu Termanu!

Batu Termanu, dengan ikon batu raksasa yang menjulang tinggi (Afif Farhan/detikcom)Batu Termanu, dengan ikon batu raksasa yang menjulang tinggi (Afif Farhan/detikcom)


Lanskap savana terlihat sejauh mata memandang. Pepohonan lebat berada di beberapa titik bersama semak belukar. Tak ketinggalan, bentangan pantai berkontur landai.

"Batu Termanu ini merupakan salah satu destinasi wisata paling terkenal di Rote. Banyak yang datang untuk foto-foto di sini sampai menikmati sunset," kata Frengky, warga setempat yang memandu kami.

Lanskap Batu Termanu dipotret dari drone, pantai dan padang savananya terlihat jelas (Abdul Haris/detikcom)Lanskap Batu Termanu dipotret dari drone, pantai dan padang savananya terlihat jelas (Abdul Haris/detikcom)


Di Batu Termanu, kami melangkah ke sebelah kanan. Trekking mendaki perbukitan berbatu untuk melihat lanskap Batu Termanu dan padang savana dari ketinggian. Indah nian!

Trekking di perbukitan berbatunya (Ari Saputra/detikcom)Trekking di perbukitan berbatunya (Ari Saputra/detikcom)


Padang savananya yang bagaikan di Afrika (Afif Farhan/detikcom)Padang savananya yang bagaikan di Afrika (Afif Farhan/detikcom)


Yang harus kamu ketahui, Batu Termanu masih merupakan objek wisata yang alami. Belum ada fasilitas penunjang pariwisata seperti tempat makan, toilet dan sebagainya. Untuk itu, ada baiknya kamu menyediakan bekal makanan dan menjaga kebersihan.

Baiknya, datang ke Batu Termanu pada siang menjelang sore. Saat itulah cahaya senja bersinar keemasan dan matahari terbenam begitu indah.

Sunset di Batu Termanu (Afif Farhan/detikcom)Sunset di Batu Termanu (Afif Farhan/detikcom)


Batu Termanu memiliki 2 batu besar, yakni disebut Batu Hun dan Batu Suelai. Batu-batu tersebut memiliki banyak cerita dan mitos, yang konon dulunya berpindah-pindah.

Penasaran? Tunggu artikel selanjutnya!

Batu Suelai (Afif Farhan/detikcom)Batu Suelai (Afif Farhan/detikcom)


Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com

Simak Video "Perjalanan dan Perjuangan Mantri BRI di Pulau Paling Selatan Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA