Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Sep 2019 18:24 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bertemu Para Presiden Indonesia di Bogor, Bisa Lho

elk
detikTravel
(Elmy Tasya Khairally/detikcom)
(Elmy Tasya Khairally/detikcom)
Bogor - Di Bogor, ada tempat dimana kita bisa mengenal lebih dekat para Presiden Indonesia. Museum Kepresidenan RI Balai Kirti adalah destinasi wajib untuk wisatawan.

Museum Kepresidenan RI Balai Kirti terletak di Jl Ir H Juanda No 1, Kota Bogor. Ada ruangan yang berisikan informasi tentang masing-masing presiden.

detikcom berkunjung ke sana, Kamis (12/9/2019) melangkah masuk ke dalam museum, ada replika burung garuda yang besar. Di samping kanannya ada teks Pancasila sedangkan samping kirinya teks proklamasi.

Pada bagian dalam, terdapat 6 patung presiden RI yang berjejer. Mulai dari Sukarno hingga Susilo Bambang Yudhoyono. Patung-patung berpose layaknya masing-masing presiden ketika berpidato.

Untuk memasuki ruangan yang berisikan informasi para presiden, traveler harus naik ke lantai 2. Bisa menggunakan eskalator atau lift.

Setelah sampai di lantai dua ada ruangan-ruangan presiden, namanya Galeri Kepresidenan. Sebelum melangkah ke galeri, ada sebuah podium yang di belakangnya terdapat tulisan besar berisi teks sumpah presiden.

Pertama yang akan kamu temukan adalah ruangan Sukarno. Ketika memasuki ruangan, terdengar audio yang menjelaskan perjalanan Sukarno.

Di sudut ruangan, ada barang-barang kenangan milik Sukarno, mulai dari replika baju dinas sampai perlengkapan kerja seperti alas untuk asbak, tempat amplop, pisau pembuka amplop dan stampel kenegaraan.

Ada juga replika naskah Dekrit Presiden dan replika tongkat komando Presiden Sukarno. Semua barang ini diletakkan dalam satu etalase.

Dalam ruangan galeri presiden ini, juga ada foto-foto presiden bersama kerabat dan keluarga. Foto presiden terpampang besar di sudut ruangan, beserta quote di bagian tengah ruangan. Dalam ruangan Sukarno, tertulis, "Jas Merah, Jangan Sekali-Sekali Meninggalkan Sejarah," lalu di bawahnya tertulis, "Soekarno, pidato JAS MERAH 17-8-1966).

Ada audio visual yang menjelaskan perjalanan presiden dari tahun ke tahun. Jadi, di sini informasi tentang presiden RI kamu akan semakin bertambah.

Selain ruangan Sukarno, ada ruangan Suharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono dengan tata ruang yang sama. Kamu akan tahu perjuangan- perjuangan presiden ketika menjabat dan penghargaan apa saja yang telah didapat.

Wisatawan akan merasa lebih dekat dengan presiden, dengan melihat foto-foto kenangan, baju-baju yang selalu dikenakan sampai barang-barang pribadi milik presiden. Keluar dari ruang presiden ada ruang interaktif, di sini ada foto-foto presiden yang terpampang di beberapa sisi ruangan. Ada juga podium yang berlatar gambar istana negara. Kamu bisa foto-foto di ruangan ini.

Setelah dari ruang interaktif, kamu bisa menuju ruangan perpustakaan kepresidenan. Di dalam ruangan, setiap presiden memiliki raknya masing-masing. Tiap rak ditandai dengan patung presiden di depannya.

Rak-rak ini berisi buku-buku tentang presiden atau dikarang oleh presiden sendiri. Suasana perpustakaan tenang, membuat wisatawan yang ke sana akan betah berlama-lama di dalam ruangan.

Ada kursi beserta meja untuk wisatawan yang ingin duduk bersantai sambil membaca buku presiden. Pokoknya nyaman banget deh, Traveler.

Tak sedikit wisatawan yang datang memanfaatkan momen dengan berfoto-foto. Tempatnya instagramable, jadi kamu bisa bawa kamera ke sini.

Hari Selasa-Kamis museum buka mulai pukul 09.00-15.00 WIB. Sedangkan pada hari Jumat, museum akan tutup sementara pukul 11.00-13.00 WIB. Pada Sabtu dan Minggu, museum buka pukul 09.00-13.00 WIB. Hari Senin museum tutup ya traveler.

Simak Video "Habibie akan Terus Hidup di Layar Lebar"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA