Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Sep 2019 10:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Inikah Calon Kebun Raya di Ibu Kota Baru?

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Afif Farhan
Foto: Afif Farhan
Kutai Kartanegara - Dalam rencana desain ibu kota baru, tercantum akan ada Kebun Raya di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan. Bukit Bangkirai disebut-sebut akan jadi bagian dari itu.

Dari rancangan desain kawasan Ibu Kota Baru yang terungkap ke publik, disebutkan akan ada Botanical Garden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan seluas 2.000 hektar. Nah, jika dilihat di peta, salah satu kandidat terkuat Kebun Raya ini ada di kawasan Bukit Bangkirai.

BACA JUGA: Menakar Potensi Pariwisata di Ibu Kota Baru

Analisis ini muncul karena pernyataan Presiden Jokowi yang menyebut kawasan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru akan berada di sebagian Penajam Paser Utara dan sebagian Kutai Kartanegara. Salah satu daerah yang beririsan langsung adalah Kecamatan Semboja di Kutai Kartanegara dan Kecamatan Sepaku di Penajam Paser Utara.

Nah, Bukit Bangkirai ini berada di wilayah Kecamatan Samboja, Kukar. Sangat mungkin bila nantinya Bukit Bangkirai akan jadi Kebun Raya di Ibu Kota Baru.

Ilustrasi (Muhammad Abdurrosyid/20detik)Ilustrasi (Muhammad Abdurrosyid/20detik)


Tim Jelajah Ibu Kota Baru detikcom berkunjung ke kawasan ini pekan lalu. Suasana asri langsung terasa begitu memasuki kawasan Bukit Bangkirai. Luasnya sendiri mencapai sekitar 510 hektar.

Di dalamnya, tinggal berbagai macam jenis flora dan fauna. Yang paling khas tentu saja Shorea laevis alias Pohon Bangkirai yang namanya diambil untuk kawasan hutan ini.

Sementara untuk jenis faunanya yang bisa ditemukan di sini antara lain, ada 113 jenis burung, banyak jenis mamalia dan juga serangga. Kawasan Bukit Bangkirai berada di bawah pengelolaan PT Inhutani I Unit I Balikpapan.

Canopy Bridge (Afif Farhan/detikTravel)Canopy Bridge (Afif Farhan/detikTravel)


Atraksi utama di Bukit Bangkirai adalah Canopy Bridge alias Jembatan Kanopi. Traveler akan merasakan sensasi meniti jembatan kayu yang melayang di atas tanah melewati pepohonan dengan ketinggian sekitar 30 meter di atas tanah.

Lumayan bikin deg-degan sih. Tapi traveler tidak perlu khawatir, semuanya dijamin aman kok. Asal traveler mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan, antara lain: harus memakai sepatu sampai dilarang berlari atau lompat-lompat di jembatan.

BACA JUGA: Air Terjun di Ibu Kota Baru: Kenyataan Tak Seindah Instagram




Simak Video "Selamat Datang di Pelabuhan Penajam, Gerbang Selatan Ibu Kota Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA