Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Sep 2019 21:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Uji Adrenalin Naik Jeep Menaklukkan Perbukitan Menoreh

Eko Susanto
detikTravel
Uji adrenalin saat melewati jalan terjal di kawasan Menoreh. (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Uji adrenalin saat melewati jalan terjal di kawasan Menoreh. (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Magelang - Traveler yang suka tantangan dan ingin menguji adrenalin bisa berwisata naik jeep di kawasan Perbukitan Menoreh. Dijamin seru!

Trip Menoreh Adventure tersebut digagas Bumbes Argo Inten Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Tidak sengaja, kemarin ikut dalam keseruan Trip Menoreh Adventure, Sabtu (21/9/2019). Adapun untuk start mengambil dari Desa Menoreh, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.

Mulai dari lokasi ini, wisatawan akan naik jeep. Adapun start dari Desa Menoreh, melewati Kalirejo, Paripurno dan Ngargoretno. Kemudian, nantinya akan melewati jalanan yang menanjak, terjal, dengan tikungan yang tajam di kawasan Ngargoretno yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Saat melewati jalan yang terjal, jalan menanjak serta tikungan tajam inilah adrenalin traveler benar-benar akan diuji. Meski melewati jalan menanjak, travaler bisa melihat pemandangan alam pegunungan dan deretan pohon cengkeh. Kebetulan saat lewat kemarin lagi musim panen cengkeh.

Uji Adrenalin Naik Jeep Menaklukkan Perbukitan MenorehSambil melihat pemandangan (Foto: Eko Susanto/detikcom)

Untuk di kawasan ini, traveler bisa mengunjungi kebun teh Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Selain itu, dengan naik jeep bisa memasuki kawasan hutan pinus yang terkenal dengan sebutan Borobudur Highland, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo.

Setelah berputar naik jeep keliling di kawasan Camping de Loano ini, berhenti sejenak untuk nyeruput kopi dan teh di Basecamp Rimbono Homestay. Di sini, selain nyruput kopi dan teh asli, juga mencicipi makanan tradisional dusun setempat.

Kemudian, setelah istirahat sejenak melanjutkan perjalanan melewati kawasan kebun teh, terus kembali menyusuri jalan terjal menuju Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Untuk perjalanan dari Desa Menoreh Salaman, hingga puncak Menoreh perjalanan ditempuh sekitar 2 jam.

"Kita merintis Trip Menoreh Adventure dengan Magelang, Kulon Progo sama Purworejo. Harapannya, kita bisa mengeksplor semua potensi yang ada di Perbukitan Menoreh," kata Soim, Direktur Argo Inten, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman saat ditemui detiktravel di sela-sela trip, Sabtu (21/9/2019).

Uji Adrenalin Naik Jeep Menaklukkan Perbukitan MenorehPer orang, dibanderol Rp 400 ribu. (Foto: Eko Susanto/detikcom)

"Paket ini sudah kita jual untuk long trip per orang Rp 400.000, untuk internal Desa Ngargoretno sampai ke Puncak Menoreh per orang Rp 250.000. Dengan paket itu, fasilitas yang mereka dapatkan itu sudah include makan siang, snack, kopi dan ada edukasi yang juga kita berikan," tutur Soim.

Adapun untuk jeep ini dengan kapasistas 3 orang. Kemudian, dengan paket yang ditawarkan tersebut bisa menikmati keindahan di Perbukitan Menoreh.

"Untuk paket yang pendek sampai ke kebun teh (Nglinggo Kulon Progo) itu bersama edukasinya kita cas Rp 250.000 per orang termasuk makan, snack dan kopi. Paket kunjungan edukasi wisata desa itu minimal 20 orang, karena kita harus menggerakkan beberapa dusun yang ada di Desa Ngargoretno," tutur Soim.

Uji Adrenalin Naik Jeep Menaklukkan Perbukitan MenorehIringan jeep. (Foto: Eko Susanto/detikcom)

Paket edukasi, kata Soim, memerah susu kambing etawa di Desa Ngargoretno, kemudian panen madu, membuat kopi liar yang khas desa. Selain itu, membatik lurik atau dulu tren dengan sebutan batik kere.

"Edukasi ada perah susu kambing etawa, terus memanen lembah madu, ada membikin kopi baik kopi liar, kopi khas sini atau kopi merah. Kopi merah itu, kita namainya kopi merah karena hidup di sekitar marmer merah dan kita perlakukan petik merah. Terus ada edukasi membatik di batik lurik atau dulu tren batik kere, tapi karena motif marmer juga lurik-lurik sehingga kita ubah namanya menjadi batik lurik. Terus ada paket membikin gula semut," kata dia.

"Kita sebenarnya mengajak seluruh pelaku wisata utamanya teman-teman offroad di Menoreh untuk bareng-bareng bagaimana mengangkat Menoreh. Dan bareng-bareng mengambil manfaatnya untuk kemudian memberdayakan masyarakat setempat sehingga event hari ini bersama teman-teman Parang Menoreh, bersama-sama teman jeep dari skin, ada Rimbono Homestay yang sudah menjadi paket trek sendiri," tuturnya.

Uji Adrenalin Naik Jeep Menaklukkan Perbukitan MenorehSeru banget. (Foto: Eko Susanto/detikcom)

Salah satu peserta Trip Menoreh Adventure, Amalia Mahdhiani dari Artos Mall Magelang. Untuk trip kali ini memilih wisata Menoreh khususnya jeep.

"Kali ini memang wisata Menoreh khususnya jeep. Kenapa kita pilih ini karena kita ingin mengangkat pariwisata di Magelang. Ternyata di Magelang sendiri, pariwisata banyak, kenapa kita harus keluar kalau Magelang ada," katanya.

"Kalau untuk jeep ini, ternyata diluar ekspektasi ya. Sangat keren, sangat bagus karena yang tidak dibayangkan tidak hanya offroad biasa, ternyata bener-bener melintasi area Menoreh dan melintasi beberapa kabupaten tadi ada Purworejo, Kulon Progo dan satu lagi ada Magelang. Di situ kan trip jeep yang disajikan pun tidak hanya bermain, tapi disitu ada edukasinya seperti kita dilihatkan kebun teh, memerah susu kambing dan beberapa sektor pariwisata lain yang ternyata bisa diangkat khususnya di dunia pariwisata," pungkasnya.




Simak Video "Geger Rubicon Tabrak Panitia Maraton, Polisi Identitifikasi Pengemudi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA