Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 24 Sep 2019 21:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

9 Panduan Cara Naik Pesawat bagi Pemula

Abdul Jalil
detikTravel

Halaman 1 dari 2

9 Panduan Cara Naik Pesawat bagi Pemula/Foto: Mitsubishi

Jakarta - Mau pergi jalan-jalan atau melakukan kunjungan tapi takut naik pesawat sendirian? Untuk pemula yang masih bingung bagaimana cara naik pesawat, simak panduannya.

Menggunakan moda transportasi udara seperti pesawat terbang, memang tidak biasa dilakukan banyak orang. Terkadang bagi yang pertama kali naik pesawat, akan merasa khawatir bahkan bingung bagaimana langkah-langkahnya sebelum naik pesawat.

Namun, sebetulnya sangat mudah jika kamu sudah membaca panduan cara naik pesawat seperti dirangkum detikTravel berikut ini:



1. Persiapan

Persiapkan dahulu apa saja yang menjadi kebutuhan kamu sebelum berangkat, persiapkan juga paspor dan visa jika mau pergi ke luar negeri.

Selain itu, ada baiknya membuat itinerary perjalanan terlebih dahulu. Dengan meriset terlebih dahulu berbagai macam hal yang belum kamu ketahui di sana, berapa lama di sana, menginap di mana, dan mau berkunjung ke destinasi apa saja.

2. Pahami Peraturan Bagasi

Ada beberapa barang dan benda yang tidak diperbolehkan masuk ke dalam kabin pesawat, seperti pisau, gunting, pemantik atau korek api, rokok eletrik, dan sebagainya. Kamu juga harus cermati muatan barang bawaan kamu, karena ini menjadi hal yang penting agar tidak mengeluarkan uang tambahan lagi.

3. Datang Lebih Awal

Usahakan agar datang 2-3 jam sebelum keberangkatan, karena kita tidak pernah tahu apakah nanti akan ada atau tidak adanya hambatan yang menimpa sebelum menuju bandara.

Apalagi jika kamu akan pergi ke luar negeri. Datang 2-3 jam sebelum keberangkatan adalah penting. Hal ini dikarenakan untuk keperluan Imigrasi.

4. Mengetahui Terminal Keberangkatan

Mengetahui terminal keberangkatan penting untuk kamu yang akan naik pesawat. Karena setiap keberangkatan dan kedatangan, memiliki terminal yang berbeda-beda. Jadi pastikan untuk mengetahui dan mengingat terminal keberangkatanmu.

Jika tidak mengetahui terminal keberangkatan, kamu bisa melihatnya di e-tiket yang telah terbit. Jangan sampai salah terminal.

5. Check In

Bila membeli tiket secara online, kamu tinggal tunjukkan tiket atau e-tiketmu ke petugas check in pesawat yang akan kamu tumpangi, disertai data diri seperti KTP, atau paspor jika kamu akan ke luar negeri.

Bila tidak ada KTP, bisa menggunakan pilihan lain sebagai pengganti KTP untuk naik pesawat. Seperti SIM, paspor, buku nikah, kartu pelajar, maupun kartu identitas lain dalam bentuk asli bukan fotokopi.

Setelah check in kamu akan mendapatkan boarding pass yang nantinya harus kamu tunjukkan saat akan naik ke pesawat. Kamu juga bisa melakukan online check in di website maskapai pesawat yang kamu tumpangi.

(nwy/nwy)

BERITA TERKAIT