Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Sep 2019 08:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Masjid Ramlie Musofa di Jakarta, Indahnya bagaikan Taj Mahal

Masjid Ramlie Musofa. (Pradita Utama/detikcom)
Masjid Ramlie Musofa. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Bingung mencari wisata religi di Jakarta? Nah, bagi kamu yang mencarinya bisa mampir ke Masjid Ramlie Musofa tepatnya di Jalan Danau Sunter Selatan 1 blok 1 10 nomor 12 C 14 A, Jakarta Utara.

Bangunan yang berada di seberang Danau Sunter, Jakarta Utara ini rupanya ialah sebuah masjid. Masjid Ramlie Musofa memiliki kesan mewah dan menawan karena berarsitektur layaknya seperti monumen Taj Mahal di India.




Lalu, seperti apa ya masjid yang menerapkan empat unsur budaya ini? Berikut ini beberapa fakta menarik mengenai Masjid Ramlie Musofa di Sunter yang dirangkum detikTravel:

1. Sejarah Masjid Ramlie Musofa

Masjid ini mulai dibangun oleh Ramli Rasidin pada tahun 2011-2016. Pembangunan masjid yang memiliki luas sekitar 2.000 meter persegi ini mendatangkan bahan bangunan untuk mimbar berupa marmer dari Turki dan Italia loh, juga mendatangkan ornamen ukiran khusus dari Pulau Jawa.

Masjid ini terinspirasi dari kisah berdirinya monumen Taj Mahal yang menceritakan tentang pembangunannya menjadi ajang perwujudan cinta antara seorang raja terhadap istrinya. Hal itu menjadikan inspirasi bagi pemilik Masjid Ramlie Musofa ini untuk berharap masjid ini sebagai pembuktian cinta terhadap Allah, Islam dan keluarga.

2. Penamaan Masjid

Nama masjid ini sendiri pun berasal dari inisial keluarga sang pemilik, yaitu

Ramli Rasidin : Ram
Lie Njok Kim : Lie (istri)
Muhammad : Mu (anak pertama)
Sofia : So (anak kedua)
Fabian : Fa (anak ketiga)

Masjid Ramlie Musofa yang megah.Masjid Ramlie Musofa yang megah. Foto: Pradita Utama

3. Perpaduan 4 Unsur Budaya

Masjid megah berwarna putih ini memadukan empat unsur budaya loh, yakni Indonesia, Tionghoa, India dan Arab. Tiap budaya memiliki makna budaya yang berbeda, seperti budaya Arab mewakili agama Islam, budaya Tionghoa berasal dari latar belakang sang pemilik, dan budaya India dari kisah monumen Taj Mahal.

4. 3 Bahasa

Faktanya, tak hanya unsur budaya saja yang dipadukan. Hal ini dibuktikan di bagian depan masjid Ramlie Musofa, kamu akan disambut dengan ukiran surat Al-Fatihah yang menggunakan tiga bahasa sekaligus, yaitu bahasa Arab, Indonesia, dan Mandarin.

Tak hanya itu, di beberapa sudut dinding masjid juga terdapat ukiran kaligrafi yang menerangkan hari kiamat dan hari pembalasan, serta doa-doa.

Tujuannya adalah untuk mempermudah para muallaf atau wisatawan asing yang berasal dari Tionghoa saat berkunjung ke sini, serta agar seluruh umat muslim senantiasa ingat kepada Allah SWT.




5. Fasilitas-Fasilitas Masjid

Menariknya di masjid ini, akan terasa berbeda saat mengambil air wudhu. Hal ini disebabkan adanya tempat duduk yang dikhususkan untuk para penyandang disabilitas dan lansia dalam berwudhu.

Tak ketinggalan, fasilitas di masjid yang memiliki tiga lantai ini juga tersedia dua lift.

6. Sang Pemilik Muallaf

Siapa sangka pemilik masjid ini merupakan seorang muallaf. Saat ia berusia 19 tahun, Ramli memutuskan untuk berpindah ke agama Islam. Bukti kecintannya kepada Allah dan keluarganya akhirnya ia tunjukkan dengan masjid ini.

7. Wedding di Masjid Ramlie Musofa

Masjid yang memiliki arsitektur indah ini faktanya sering dijadikan tempat acara di momen spesial bagi para pasangan pengantin loh. Salah satunya, pasangan artis Cut Meriska dan Roger Danuarta yang melakukan foto pra wedding di Masjid Ramlie Musofa.

Tak heran, pesona masjid ini mampu menjadi tempat bersejarah buat beberapa pasangan. Gimana tertarik menyelenggarakan momen pernikahan di masjid ini ?




Simak Video "Tradisi Nganter Kajien, Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA