Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Sep 2019 12:33 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Belajar soal Asmara dari Jembatan Cinta Pulau Tidung

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Jembatan Cinta di Pulau Tidung (Randy/detikcom)
Jembatan Cinta di Pulau Tidung (Randy/detikcom)

FOKUS BERITA

Wisata Pulau Seribu
Kepulaun Seribu - Bagi traveler yang mau belajar soal asmara, mungkin juga bisa mampir ke Pulau Tidung di Kepulauan Seribu. Di sana ada jembatan yang mengajarkan makna cinta.

Liburan ke Pulau Tidung di wilayah Pulau Seribu yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Utara Jakarta, traveler bisa melihat Jembatan Cinta yang jadi ikonnya. Secara teknis, jembatan tersebut memiliki panjang 2,5 Km dan menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Di kalangan wisatawan, Jembatan Cinta Pulau Tidung populer sebagai spot foto hingga lokasi uji nyali untuk lompat dari ketinggian. Namun, bukan hanya itu hal yang spesial dari Jembatan Cinta.

Belajar Soal Asmara dari Jembatan Cinta Pulau TidungPlakat Jembatan Cinta di Pulau Tidung (Randy/detikcom)

Dilihat detikcom dalam buku The Hidden Treasury of The Thousand Islands atau Harta Rahasia Kepulauan Seribu karangan Thomas B. Ataladjar, MInggu (29/9/2019), tertulis kalau Jembatan Cinta memiliki sejumlah mitos.

Di masyarakat Tidung beredar mitos seputar Jembatan Cinta ini, yaitu cinta abadi bagi pasangan yang menyeberangi jembatan ini dari pulau Tidung kecil ke pulau Tidung besar atau sebaliknya.




Mitos lainnya adalah bahwa jika orang yang belum mendapat jodoh melompat dari jembatan ke laut akan segera menemukan pasangan cinta sejatinya. Boleh percaya, boleh tidak.

Jadi spot lompatJadi spot lompat (Randy/detikcom)

Nama Jembatan Cinta itu sendiri diambil dari mitos-mitos yang beredar di masyarakat. Setelah pembuatan jembatan tersebut selesai, banyak pria wanita yang mengikrarkan cinta mereka berdua dan akhirnya menjadi sepasang sejoli di jembatan ini.

Cerita di Balik Jembatan Cinta

Menurut cerita Pulau Tidung dulunya hanya memiliki dua penginapan yaitu penginapan Lima Saudara dan penginapan Sudimampir. Salah satu penginapan khusus untuk pria dan yang lainnya khusus untuk wanita.




Suatu hari sepasang pria dan wanita yang sedang berlibur di Pulau Tidung bertemu. Mereka lalu janjian untuk bertemu lagi di lokasi jembatan yang baru selesai di bangun yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Wisatawan di Jembatan CintaWisatawan di Jembatan Cinta (Johanes Randy/detikcom)

Lama kelamaan sejoli ini semakin tertarik dan suka satu sama lain. Mereka lalu memutuskan untuk menikah dan hidup bersama menjadi satu keluarga.

Saat ini ratusan ribu bahkan mungkin hampir jutaan wisatawan mengunjungi Pulau Tidung sekedar untuk memenuhi rasa penasaran mereka tentang Jembatan Cinta di Pulau Tidung.

Itulah sedikit cerita di balik Jembatan Cinta Pulau Tidung di Kepulauan Seribu. Ikuti terus cerita khusus Kepulauan Seribu di detikTravel selama weekend ini!




Simak Video "Pesona Pulau Sabira di Ujung Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)

FOKUS BERITA

Wisata Pulau Seribu
BERITA TERKAIT
BACA JUGA