Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Sep 2019 20:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Di Pulau Tidung, Taman Baca pun Ada

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Taman Baca di Pulau Tidung (Randy/detikcom)
Taman Baca di Pulau Tidung (Randy/detikcom)

FOKUS BERITA

Wisata Pulau Seribu
Kepulauan Seribu - Traveler yang liburan ke Pulau Tidung di Kepulauan Seribu bisa melakukan banyak hal. Selain main ke pantai, juga ada taman baca di sini.

Sebagai pulau terluas di Kepulauan Seribu, Pulau Tidung dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung. Salah satunya adalah fasilitas berupa taman baca yang bisa dikunjungi oleh traveler.




Berlokasi di Pulau Tidung Besar, tepatnya di samping kantor kelurahan, taman baca itu diketahui sudah beroperasi dari tahun 2016 silam. Hal itu pun dijelaskan oleh staff bernama Sri Damayanti yang ditemui detikcom di lokasi Jumat pekan lalu (20/9/2019).

"Inisiatif dari 2016, pas saya tugas di sini," ujar Sri.

Sri Damayanti, penjaga taman baca Pulau Tidung (Randy/detikcom)Sri Damayanti, penjaga taman baca Pulau Tidung (Randy/detikcom)

Diketahui, taman baca tersebut ada di bawah Dinas Perpustakaan dan Arsip. Tak hanya di Pulau Tidung, taman baca serupa juga dapat dijumpai di Pulau Pari hingga Pulau Lancang yang sama-sama ada di Kepulauan Seribu.

Menurut Sri, taman baca yang dijaganya tersebut cukup populer didatangi anak SD ke bawah usai jam pelajaran. Pilihan bukunya pun cukuo banyak dan bervariasi.

"Sebenarnya banyak, ada 2.700 buku, hampir 500 judul," terang Sri.

Slogan ajakan membaca (Randy/detikcom)Slogan ajakan membaca (Randy/detikcom)

Hanya diakui oleh Sri, minat baca anak-anak di Pulau Tidung masih cukup kurang. Padahal, Pulau Tidung adalah pulau yang terbesar di Kepulauan Seribu.

"Tapi untuk pulau sebesar ini minat baca masih kurang, terutama SMP ke atas. Mungkin karena gadget juga," urai Sri.

Dari semua jenis buku, yang paling diminati adalah buku anak-anak. Pengunjung pun juga bisa meminjam buku yang ada di taman baca, asal dikembalikan. Taman baca ini pun buka pada hari kerja dari pukul 08.00 hingga sore sekitar pukul 15.00 WIB.





Simak Video "Pesona Pulau Sabira di Ujung Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)

FOKUS BERITA

Wisata Pulau Seribu
BERITA TERKAIT
BACA JUGA