Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Sep 2019 16:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ada Pantai Surga di Pulau Tidung Kecil, Sayang Banyak Sampah

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Paradise Beach, alias Pantai Surga, di Pulau Tidung Kecil yang banyak sampah (Randy/detikcom)
Paradise Beach, alias Pantai Surga, di Pulau Tidung Kecil yang banyak sampah (Randy/detikcom)

FOKUS BERITA

Wisata Pulau Seribu
Kepulauan Seribu - Pulau Tidung Kecil di Kepulauan Seribu menyimpan banyak potensi wisata. Salah satunya adalah Paradise Beach atau Pantai Surga. Cuma sayang masih ada sampah..

Dalam kunjungan ke Pulau Tidung di Kepulauan Seribu atau Pulau Seribu pekan lalu, detikcom sempat mengeksplorasi salah satu destinasi barunya yang bernama Paradise Beach atau Pantai 'Surga.'

Untuk informasi, pantai tersebut berlokasi di sisi paling Timur Pulau Tidung Kecil. Hanya untuk mencapainya, traveler harus trekking keluar dari jalan paving blok sekitar lima sampai 10 menit.

Papan penanda jalan menuju Paradise Beach (Randy/detikcom)Papan penanda jalan menuju Paradise Beach (Randy/detikcom)

Hanya tak usah khawatir tersasar, ada jalan setapak beserta papan pemandu yang dibuat oleh teman-teman dari KKN UNJ 2018. Besar kemungkinan kalau mereka juga lah yang menemukan pantai tersebut.

Hanya yang bikin ngeri-ngeri sedap, traveler akan disambut lebih dulu oleh makam Panglima Hitam. Lokasinya persis di persimpangan sebelum ke arah pantai. Terlebih lagi sambil mendengar suara gagak yang hilir mudik di atas pohon.




Tak begitu jauh dari persimpangan, traveler pun sudah bisa mendengar suara ombak yang berdesir di kejauhan. Trekking sedikit lagi, sampai lah traveler di Paradise Beach atau Pantai Surga.

Banyak sampah di pantai ini (Randy/detikcom)Banyak sampah di pantai ini (Randy/detikcom)

Ketika melihat pantainya, perasaan sedikit senang bercampur kecewa. Pantainya memang bagus, tapi pemandangan sampah juga tampak berserakan di atas pantai pasir putihnya. Sedikit kontras dengan keindahannya.

Pantauan detikcom, besar kemungkinan sampah itu ditinggalkan oleh wisatawan yang mendirikan kemah di situ. Tampak dari bekas api unggun yang ada di sana. Mungkin juga sebagian sampah terbawa oleh arus laut.




Dihubungi terpisah oleh detikcom, Senin (30/9/2019) Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kasudinparbud) Kepulauan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia juga menyayangkan hal tersebut.

"Kalau area itu sepenuhnya tugas penguasa wilayah bisa camat dan perangkatnya. Saya bertugas mempromosikan segala potensi yang ada di Pulau Seribu," ujar Cucu.

Sampah plastik sampai sandal jepit pun ada (Randy/detikcom)Sampah plastik sampai sandal jepit pun ada (Randy/detikcom)

Lebih lanjut, Cucu pun segera mengkordinasikan hal tersebut pada pihak terkait seperti Camat dan perangkatnya. Untuk informasi, Pulau Tidung Kecil sendiri berada di bawah Dinas Kelautan dan Perikanan DKI Jakarta selaku empunya wilayah.

"Ini lagi kita komunikasikan terus. Makasih masukannya. Nanti saya sampaikan ke perangkat wilayah di sana supaya lebih diperhatikan kebersihannya," ujar Cucu.

Berbeda dengan di Paradise Beach, pantai di Pulau Tidung Besar yang berada di sebelahnya malah tampak jauh lebih bersih. Memang diperlukan kontribusi semua pihak agar Pulau Seribu tetap lestari.




Simak Video "Pesona Pulau Sabira di Ujung Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)

FOKUS BERITA

Wisata Pulau Seribu
BERITA TERKAIT
BACA JUGA