Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Okt 2019 21:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

M Bloc Space, Blok M Zaman Now Bernuansa Nostalgia

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
M Bloc Space di Jakarta Selatan (Randy/detikcom)
M Bloc Space di Jakarta Selatan (Randy/detikcom)
Jakarta - Jakarta seakan tak pernah kehabisan inovasi untuk menghadirkan ruang publik yang kekinian. Di Blok M misalnya, ada M Bloc Space yang hadir akhir bulan lalu.

Berdiri di atas lahan Peruri seluas 7.000 meter di bilangan Blok M, hadir M Bloc Space yang baru diresmikan pada 26 September 2019 lalu atau Kamis pekan lalu. Ruang kreatif baru tersebut lahir dari rumah dinas Peruri yang sempat terabaikan selama puluhan tahun silam.

Tercipta dari kerjasama antara Perum Peruri (BUMN) dan PT Ruang Milenial, lahan mati tersebut diubah menjadi ruang publik baru yang menampilkan kreasi muda-mudi hingga panggung musik.

Aneka tenant di bagian luar M Bloc Space (Randy/detikcom)Aneka tenant di bagian luar M Bloc Space (Randy/detikcom)

Penasaran, detikcom pun berkunjung langsung ke lokasi, Selasa (1/10/2019), untuk melihat ruang publik baru tersebut. Lokasinya persis di sisi kiri jalan sebelum Terminal Blok M.

Dibuat menyatu tanpa sekat dengan jalur pejalan kaki, M Bloc Space menghadirkan nuansa bangunan Blok M tempo dulu. Tampak eksterior bangunan eks rumah dinas Peruri yang direnovasi sedemikian rupa dan diisi oleh sejumlah tenant di bagian luarnya.

Tercatat, sejumlah tenant seperti Suwe Ora Jamu, Tokyo Skipjack, Titik Temu Coffee hingga Kedai Tjikini telah mengisi sejumlah lapak yang ada di sana. Ada yang sudah beroperasi, dan ada juga yang masih merapikan kedainya.

Area dalam M Bloc Space yang berkonsep outdoor (Randy/detikcom)Area dalam M Bloc Space yang berkonsep outdoor (Randy/detikcom)

Masuk ke area tengah yang berkonsep outdoor, masih tampak perbaikan di sana-sini. Kabarnya, ruang tengah tersebut akan menjadi titik kumpul muda-mudi. Sejumlah mural pun tampak menghiasi tembok yang ada di sana.

Kemudian ada juga bagian dalam M Bloc Space yang sediakan sebagai panggung musik dengan konsep indoor. Rencananya, M Bloc Space juga akan menjadi wadah bagi para musisi unjuk kebolehan. Nama-nama besar seperti Glenn Fredly, Tompi, Mocca hingga ST Loco diketahui telah tampil di sana saat peresmian M Bloc Space pekan lalu.

Aneka mural di bagian dalam M Bloc Space (Randy/detikcom)Aneka mural di bagian dalam M Bloc Space (Randy/detikcom)

Melihat M Bloc Space, mungkin seperti melihat kembali usaha kebangkitan Blok M yang dikenang sebagai kawasan populer muda-mudi di tahun 80-an silam. Hanya saja dengan nafas dan konsep baru yang lebih segar ala zaman now.

Hanya walau telah diresmikan, masih tampak finishing di sana-sini. Mungkin baru sekitar tiga bulan mendatang, M Bloc Space dapat beroperasi secara maksimal.

Bagi traveler yang ingin berkunjung ke M Bloc Space, disarankan untuk datang dengan MRT atau moda transportasi umum. Alasannya, tak tersedia lahan parkir di M Bloc Space. Namun, pihak pengelola tetap menyediakan jasa valet untuk jaga-jaga.




Simak Video "Terminal Blok M Jadi Inspirasi Single Religi d'Masiv"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA