Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Okt 2019 16:39 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pandeglang dan Gunung Aseupan yang Bernuansa Mistis

Afif Farhan
detikTravel
Pendakian di Gunung Aseupan (Stanislaus Riyanta/dTraveler)
Pendakian di Gunung Aseupan (Stanislaus Riyanta/d'Traveler)
Pandeglang - Nama Pandeglang mungkin tidak populer di kalangan traveler. Padahal, Pandeglang punya beberapa destinasi wisata menarik seperti Gunung Aseupan.

Pandeglang adalah sebuah kabupaten di Banten. Wilayahnya cukup luas, bahkan sampai mencakup ke Taman Nasional Ujung Kulon. Nah, bagi traveler khususnya pendaki gunung, pernah dengar Gunung Aseupan di Pandeglang?

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, Kamis (10/10/2019), Gunung Aseupan berlokasi sekitar 18 km sebelah barat dari Kota Pandeglang. Gunung ini relatif jarang didatangi pendaki.

Pandeglang dan Gunung Aseupan yang SepiFoto: (Stanislaus Riyanta/d'Traveler)


Bahkan, informasinya cukup minim internet. Informasi mengenai Gunung Aseupan juga kebanyakan mencakup hal-hal yang bernuansa mistis!

Beberapa pendaki yang pernah ke sana mengaku sering merasa diawasi. Bahkan kabarnya, sering terlihat orang-orang lalu-lalang, padahal sebenarnya tidak ada penduduk desa di sana.

Pendaki pun diminta tidak berucap dan berpikir yang buruk-buruk selama di Gunung Aseupan. Satu hal yang harus diingat pendaki adalah tidak boleh mengonsumsi langsung makanan dari tempat memasak selama di gunung tersebut. Entah apa alasannya.

Jika kamu dari Jakarta, perjalanan ke Gunung Aseupan bisa ditempuh dengan naik kereta menuju Rangkas Bitung. Kemudian, naik angkutan umum menuju Desa Sikulan.

Di Desa Sikulan, pendaki bisa mengurus perizinan mendaki Gunung Aseupan kepada kepala desa dan kepala lurah setempat. Asal tahu saja, Gunung Aseupan sendiri belum dikelola sebagai tempat wisata dan masih alami.

BACA JUGA: Mengenal Pegunungan Jayawijaya, Tempat Es Abadi Indonesia

Gunung Aseupan punya tinggi 1.174 mdpl. Siapkan fisik karena medannya sangat sulit, plus banyak semak belukar yang harus dilewati!

Pandeglang dan Gunung Aseupan yang SepiFoto: (Stanislaus Riyanta/d'Traveler)

Butuh sekitar 2 hari 1 malam untuk menuju ke Puncak Gunung Aseupan. Untuk kemping, ada baiknya mencari tanah yang landai.

Selain itu, persiapan air juga harus diperhitungkan matang-matang. Sebabnya, tidak ada mata air di sepanjang jalur pendakian.

Semak belukar dan tanaman penuh duri akan menjadi tantangan sepanjang perjalanan. Untuk itu, baiknya pendaki memakai pakaian lengan panjang dan membawa pisau atau peralatan lainnya untuk membuka jalur membelah semak belukar.

Pandeglang dan Gunung Aseupan yang SepiFoto: (Stanislaus Riyanta/d'Traveler)


BACA JUGA: 5 Fakta Tentang Gunung Merbabu, Anak Gunung Wajib Tahu!

Dari puncak gunungnya, terhampar panorama desa-desa di sekitar Gunung Aseupan. Bagi para pendaki, mendaki gunung yang jarang didaki akan jadi kepuasan tersendiri.

Bonus dari pendakian di Gunung Aseupan adalah kamu bisa melihat tanaman kantong semar. Itu bisa ditemui di ketinggian antara 1.000-1.100 mdpl.

Pandeglang dan Gunung Aseupan yang SepiFoto: (Stanislaus Riyanta/d'Traveler)




Simak Video "Bupati Pandeglang Usai Gempa: Beberapa Rumah Runtuh, Tak Ada Korban"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA