Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Okt 2019 18:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ke Pulau Padar, Jangan Lupa Lakukan Dua Hal Ini

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Keindahan Pulau Padar. (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Keindahan Pulau Padar. (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Labuan Bajo - Pulau Padar adalah salah satu daya tarik utama dari Taman Nasional Komodo. Agar keindahannya bisa dinikmati secara maksimal, dua hal ini bisa coba dilakukan.

Yang pertama adalah lakukan pendakian di Pulau Padar sebelum fajar merekah. Pada saat itu, wisatawan lokal maupun mancanegara masih belum ramai.

"Kalau kakak ingin merasakan hal yang berbeda, lakukanlah pendakian di saat matahari belum ada. Karena belum ramai bule dan turis lokal," kata Florianus Nandi, guide lokal Flores.




"Mereka cenderung naik saat sudah siang," imbuh dia.

Saya pun membuktikan langsung saran tersebut. Tepat pukul 05.00 WITa saya sudah sampai di puncak Pulau Padar. Suasanya masih sepi. Panorama jelita dan semilir angin bagaikan dinikmati seorang diri.

Agar Pulau Padar Terasa Nikmat MaksimalSunrise di Pulau Padar (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Saat turun pada pukul 08.00 WITa, barulah gerombolan turis berdatangan. Boleh jadi mereka memang sarapan terlebih dahulu di kapalnya masing-masing atau baru datang dari Pelabuhan Labuan Bajo.

Saran kedua agar kenikmatan Pulau Padar tak terasa "kentang", alias tanggung, adalah menuju titik tertinggi. Ada lanskap yang berbeda dari yang kebanyakan diunggah di media sosial.

Agar Pulau Padar Terasa Nikmat MaksimalUjung Pulau Padar (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Di ujung Pulau Padar yang jadi lokasi pendakian ada titik tertingginya. Di situ pula ada tebing di sisi kanan dan kiri. Tetap awas dan hati-hati, apalagi pemandangan di sini bisa bikin merinding orang yang takut ketinggian.

Pulau Padar sendiri diapit oleh Pulau Rinca dan Komodo. Pulau ini menjadi spot cantik melihat sunrise dengan matahari datang dari Pulau Rinca.






Simak Video "Jokowi Siap 'Sambungkan' Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA