Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Okt 2019 19:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bunga Tabebuya Tambah Pesona Jalan Braga

Bunga Tabebuya di Jalan Braga, Bandung (Reta Amaliyah Shafitri/detikcom)
Bunga Tabebuya di Jalan Braga, Bandung (Reta Amaliyah Shafitri/detikcom)
Jakarta - Deretan bangunan heritage berarsitektur khas Hindia Belanda di ruas Jalan Braga kini semakin dipercantik dengan mekarnya bunga dari pohon Tabebuya. Bunga berwarna kuning berbentuk mirip terompet ini menambah keindahan Jalan Braga sejak dua minggu terakhir.

Mekarnya bunga Tabebuya membuat sepanjang Jalan Braga terasa seperti negeri matahari terbit, Jepang. Tak heran, banyak yang sengaja datang ke Jalan Braga untuk sekadar berswafoto dengan latar belakang kecantikan pohon Tabebuya.

Salah satunya Neng Azizah (22), warga Bandung ini tak mau kehilangan momen saat bunga Tabebuya tengah bermekaran. Azizah sendiri mengetahui mekarnya bunga Tabebuya di Braga dari unggahan warganet yang ramai di linimasa media sosial.

"Kemarin lihat banyak yang upload foto di Instagram, karena penasaran jadi datang langsung ke sini, ternyata memang bagus dan estetik dijadikan background foto," kata Azizah.

Tabebuya merupakan jenis pohon besar yang bunganya mekar setahun sekali menjelang datangnya musim hujan. Spesies yang menghiasi Jalan Braga adalah Tabebuya kuning (Handroanthus chrysotrichus). Banyak yang mengira, bunga Tabebuya berasal dari Jepang karena bentuknya mirip Sakura.

Bunga Tabebuya Hiasi Sepanjang Jalan BragaFoto: (Reta Amaliyah Shafitri/detikcom)

Namun, ternyata Tabebuya dan Sakura tidak berkerabat. Tabebuya merupakan pohon asli Brasil yang banyak ditanam di daerah beriklim kering. Pohon peneduh ini memiliki banyak kelebihan, di antaranya daunnya tidak mudah rontok dan akarnya tidak merusak bangunan di sekitarnya meski berbatang keras.

Di Jalan Braga, ada kurang lebih 50 pohon Tabebuya yang ditanam saat kepemimpinan Walikota Bandung Dada Rosada. Pengendara yang melintas dan kerap terjebak padatnya lalu lintas di Jalan Braga, bisa sedikit dimanjakan dengan suasana yang lebih berwarna dari mekarnya bunga Tabebuya.

Di Indonesia, pohon Tabebuya hanya bisa ditemui di beberapa daerah, seperti Surabaya, Malang, Purwokerto, Magelang, dan Kediri. Dari kota-kota tersebut, Surabaya menjadi spot paling terkenal dengan Tabebuya merah mudanya.

Warga Bandung yang penasaran bisa langsung datang ke Jalan Braga untuk menikmati keindahan bunga Tabebuya secara langsung. Jangan sampai terlewat karena bunga Tabebuya sudah mulai berguguran.
Bunga Tabebuya Hiasi Sepanjang Jalan BragaFoto: (Reta Amaliyah Shafitri/detikcom)


Simak Video "Indahnya Bunga Tabebuya Jadikan Surabaya Seperti Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA