Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Okt 2019 20:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jelang Hari Museum, Yuk Main ke Museum Instagramable di Jakarta

Tim
detikTravel
Museum Taman Prasasti yang instagramable. (Foto: Pradita Utama)
Museum Taman Prasasti yang instagramable. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Di zaman now, museum tak lagi identik dengan penampakan jadul atau lawas. Di Jakarta saja ada beberapa museum yang instagramable. Cocok banget deh disambangi, apalagi akhir pekan ini bertepatan dengan Hari Museum.

Pada 12 Oktober mendatang Indonesia akan memperingati Hari Museum. Peringatan Hari Museum Indonesia 2019 sendiri diselenggarakan pada 7 sampai 13 Oktober 2019, dengan puncak peringatan digelar di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta.




Terkait itu, detikers yang ingin jalan-jalan ke museum sembari tetap bereksis ria di medsos bisa menjadikan sejumlah museum instagramable di Jakarta ini sebagai destinasi tujuan.

Museum Taman Prasasti, yang beralamat di Jl. Tanah Abang 1 No. 1 Jakarta Pusat, adalah salah satu tempat favorit untuk didatangi warga ibu kota. Padahal di masa kolonial Belanda, lokasi ini merupakan area pemakaman lho.




Nuansa pemakaman masih terasa di museum ini lewat kehadiran peti jenazah dan kereta pengangkut jenazah. Beragam patung ada di sini walaupun sebagian tak utuh lagi. Pepohonan yang menaungi di lokasi bikin suasananya amat nyaman dan asri.

Mau Hari Museum, Yuk Main ke Museum Instagramable di JakartaMuseum Taman Prasasti. (Foto: Pradita Utama/detikcom)

Tak sedikit pengunjung yang datang cuma untuk berfoto-foto karena Museum Taman Prasasti punya latar belakang yang memang unik. Tapi jangan sembarangan berfoto karena ada tempat tertentu yang harus didampingi petugas. Jadi perhatikan informasi yang ada ya.

Museum MACAN, atau Modern and Contemporary Art in Nusantara, adalah salah satu tujuan wisata yang belakangan juga ngehits. Lokasinya ada di gedung AKR Tower Level M, dengan alamat tepat di Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat.




Pameran yang diadakan di Museum MACAN acapkali punya daya tarik untuk ditampilkan di Instagram, alias instagramable. Menariknya lagi, pengunjung tak cuma menikmati karya seni yang dipamerkan atau sekedar berfoto-foto, tapi juga mempelajari seni kontemporer.

Mau Hari Museum, Yuk Main ke Museum Instagramable di JakartaPameran Yayoi Kusama di Museum MACAN. (Foto: Fitraya Ramadhanny/detikcom)

Beralih ke kawasan selatan ada Moja Museum yang terletak di Jl. Metro Pondok Indah Blok Tb No.27 9, RT.16/RW.16, Pondok Pinang, Kebayoran Lama. Tempat ini juga populer di antara para pemburu selfie.




Bukan apa-apa, Moja Museum punya beragam spot foto instalasi pop art. Asyiknya, ciri khas itu kini dikombinasikan dengan keasyikan bernostalgia dengan bersepatu roda keliling museum. Mereka menyebutnya Moja Museum's 2nd Scene: Roller Skate (ROJA).

Mau Hari Museum, Yuk Main ke Museum Instagramable di JakartaMoja Museum. (Foto: Shinta Angriyana/detikcom)

Art:1 New Museum juga bisa jadi opsi untuk traveler datangi, apalagi jika hendak mencari spot foto unik untuk di-posting di medsos. Letaknya di Jl. Rajawali Selatan Raya No. 3, Jl. Rajawali Selatan Raya, RT.4/RW.6, Gn. Sahari Utara, Sawah Besar.




Di gedung seluas 4.000 m2 ini ada beragam koleksi mulai dari karya seniman ahli, seniman modern, hingga seniman kontemporer. Gedungnya yang serba putih dan berarsitektur yang unik memperkuat kesan yang nyeni banget dari museum ini.

Buat yang ingin sekalian wisata pulau, main-mainlah ke Pulau Tidung Kecil di Kepulauan Seribu. Jangan keliru, di sini tak cuma bisa main air karena ada pula Museum Kerangka Paus.

Mau Hari Museum, Yuk Main ke Museum Instagramable di JakartaMuseum Kerangka Paus. (Foto: Johanes Randy/detikcom)

Di museum tersebut, sebagaimana terindikasi dari namanya, traveler bisa melihat kerangka paus sperma sungguhan yang ukurannya besar bukan main. Cocok banget deh buat pamer foto di Instagram!




detikers minat ke salah satu museum itu, atau malah sudah punya rencana ke museum instagramable lainnya di Jakarta?




Simak Video "Asyiknya Bertamasya ke Gunung Wayang Nan Indah!"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA