Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Okt 2019 07:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pulau di Kepulauan Seribu Ini Masih Simpan Kamar Bung Karno

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Kamar Soekarno di Pulau Ayer, Kepulauan Seribu (dok Pulau Ayer)
Kamar Soekarno di Pulau Ayer, Kepulauan Seribu (dok Pulau Ayer)

FOKUS BERITA

Wisata Pulau Seribu
Kepulauan Seribu - Apabila Pulau Bulat erat dengan Keluarga Cendana, maka Pulau Ayer di Kepulauan Seribu erat dengan Sukarno atau Bung Karno. Kamar bapak proklamator Indonesia itu pun masih ada hingga kini.

Pada masa jayanya dulu, Kepulauan Seribu ternyata populer sebagai destinasi liburan para pembesar negara. Sebut saja Pulau Bulat yang dimiliki dan dulu biasa dipakai tempat berlibur Keluarga Cendana.




Namun, bukan Pulau Bulat saja yang menyimpan sejarah kejayaan para pembesar negara di Kepulauan Seribu. Sukarno atau Bung Karno dulu juga diketahui suka liburan ke Pulau Ayer.

Hal itu pun diungkapkan Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kasudinparbud) Kepulauan Seribu Cucu Ahmad Kurnia, saat dihubungi detikcom, Senin (14/10/2019).

"Kalau Bung Karno itu malah punya kamar khusus di Pulau Ayer, dan masih di jaga keorisinilannya sama pengelola Pulau Ayer," cerita Cucu.

Mendapati fakta itu, detikcom pun menghubungi GM Pulau Ayer Vera via sambungan telepon. Vera menjelaskan, kamar yang dahulu dipakai Bung Karno masih dijaga hingga kini.

"Iya, sudah lama sih. Jadi pertama kali Pulau ayer dibikin kamarnya itu. Bung Karno di Cenderawasih 4. Bangunannya masih ada, lalu dicopy kita bikin agak mirip gitu," ujar Vera.


Pulau di Kepulauan Seribu Ini Masih Simpan Kamar SoekarnoKamar bergaya Papua yang ditempati Soekarno dulu (dok Pulau Ayer)

Dijelaskan olehnya, di awal Pulau Ayer merupakan tempat favorit liburan Bung Karno. Jejaknya pun masih bisa dilihat hingga kini.

"Awalnya pulau ini khusus itu dibuat untuk peristirahatan Presiden Soekarno, karena itu di depannya ada helipad. Tapi ke sini-sini sudah nggak berfungsi. Kamarnya masih ada seperti itu. Dalamnya cuma ada lukisan Bung Karno itu pun dikasih mbak Dorce. Dia tahu ini tempatnya Sukarno, kenapa nggak ada fotonya? akhirnya dikirim-lah," cerita Vera.

Fakta menarik lainnya, ternyata dahulu Bung Karno pernah menghabiskan waktunya untuk berpikir hingga bermeditasi di Pulau Ayer. Kabarnya, saat itu Bung Karno memikirkan kasus Pembebasan Irian Barat di pulau tersebut.

"Waktu itu masih gonjang-ganjingnya Papua. Jadi konsepnya lebih ke Papua. Nama-namanya pun lebih ke Papua. Serui, Fakfak, nama daerah di papua. Makanya kita bilang itu Cenderawasih karena nama burungnya," ungkap Vera.

Bahkan, saat itu Bung Karno pernah mengajak Presiden Tito dari Yugoslavia serta mantan Sekjen PBB U Nu untuk menginap di sana. Jadi sejarahnya dengan para pembesar negara cukup banyak.

Sunset di Pulau Ayer (dok Pulau Ayer)Sunset di Pulau Ayer (dok Pulau Ayer)

Menjadi tempat liburan favorit Sukarno di dekat Jakarta, detikcom pun penasaran apakah keluarganya pernah liburan ke Pulau Ayer? Ini jawaban Vera.

"Nggak ada, belum ada. Paling pejabat kalau kita kasih tahu itu pada nginep. Kalau putra-putrinya sudah lama nggak pernah, mungkin dulu banget pas pada belum menikah," ujar Vera.

Menarik sekali ya. Mungkin ada di antara traveler yang ingin mengikuti jejak Bung Karno untuk liburan di Pulau Ayer? Jaraknya cukup 30 menit naik speedboat dari dermaga Marina Ancol.




Simak Video "Pesona Pulau Sabira di Ujung Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)

FOKUS BERITA

Wisata Pulau Seribu
BERITA TERKAIT
BACA JUGA