Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Okt 2019 08:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Destinasi Solo, Mulai dari Wisata Sejarah hingga Belanja Batik

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Solo punya wisata sejarah yang masih terjaga. Dikenal dengan batiknya, kamu dapat dengan mudah menemukan berbagai macam motif batik yang cantik di Solo.

Tempat wisata tak melulu identik dengan hal yang modern atau mahal. Di Solo, kamu bisa wisata sejarah, belajar membatik dengan cara tradisional, sampai berbelanja batik dengan harga yang relatif murah.

1. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta menjadi bangunan yang eksotis di zamannya. Mirip dengan keraton Yogyakarta, salah satu arsitek keraton Surakarta juga merupakan arsitek utama Keraton Yogyakarta. Dia adalah Pangeran Mangkubumi.

Di sini, kamu bisa berkeliling melihat koleksi benda kuno peninggalan sejarah di museum. Kamu juga bisa foto dengan prajurit penjaga Keraton. Ada juga kereta-kereta kencana yang dulunya ditarik kuda dipamerkan di sini.

Destinasi Solo, Mulai dari Wisata Sejarah hingga Belanja BatikFoto: Keraton Surakarta (Surakarta.go.id)

2.Kampung Batik Laweyan

Kamu bisa belajar ngebatik secara tradisional di kampung batik laweyan. Di sini, kamu diajari mulai dari membuat motif dari lilin panas sampai memberikan warna.

Pada awalnya, kamu akan diajarkan step demi step pembuatan batik ini. Selanjutnya kamu akan diberikan kain yang telah diberi motif. Traveler hanya perlu mengukir dengan lilin panas di atas motif yang sudah ada.

Selanjutnya pemberian warna. Traveler akan dibebaskan untuk mewarnai kain batik masing-masing. Setelah proses pembatikan selesai, kain batiknya bisa kamu bawa pulang.

Destinasi Solo, Mulai dari Wisata Sejarah hingga Belanja BatikFoto: Kampung Batik Laweyan (Elmy Tasya Khairally/detikcom)


3. Museum Batik Danar Hadi

Selain belajar membatik, kamu juga bisa melihat koleksi-koleksi batik solo. Kain batik yang ada di museum batik danar hadi beragam. Usia batik-batik ini sudah puluhan bahkan ratusan tahun.

Ada batik dari Yogya dan solo dengan kekhasannya masing-masing. Fungsi batik ini juga berbeda-beda ada batik pengentin, untuk pria yang ingin meminang gadis sampai batik untuk jenazah.

Museum ini terletak di belakang House of Danar hadi. Di museum ini akan ada pemandu yang menjelaskan segala hal tentang batik, mulai dari alat-alat yang diperlukan maupun kain yang digunakan.

Destinasi Solo, Mulai dari Wisata Sejarah hingga Belanja BatikFoto: Museum Batik Danar Hadi (Wahyu/detikTravel)

4. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran menjadi salah satu wisata sejarah di Solo. Wisata ini membuktikan bukti otentik sejarah dan budaya Solo.

Tempat ini memadukan arsitektur Jawa dan Eropa pada bagian interior hingga ornamen-ornamen di beberapa sudutnya. Setelah melewati pintu gerbang utama istana, traveler bisa melihat Pamedan, sebuah tempat pelatihan
prajurit pasukan Mangkunegaran.

Destinasi Solo, Mulai dari Wisata Sejarah hingga Belanja BatikFoto:Pura Mangkunegaran (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)


5. Pasar Klewer
Banyak yang mengarakan pasar klewer merupakan pusat belanja nomor 1 di Solo. Pasar ini dikenal sebagai salah satu pusat batik di Indonesia.

Di sini, traveler bisa menemukan aneka pakaian batik, mulai dari kemeja, pakaian anak, sprei dan berbagai pakaian batik lainnya. Dan yang membuat pasar ini ramai didatangi, selain barang-barangnya lengkap harganya juga murah traveler. Jadi buat kamu yang mau ke Solo, jangan lewatkan pasar yang satu ini.

Destinasi Solo, Mulai dari Wisata Sejarah hingga Belanja BatikFoto: Pasae Klewer (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)


Simak Video "Perusahaan Diberi Waktu 12 Bulan Tak Cemari Bengawan Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA