Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Nov 2019 20:49 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bahasa Minang dan Artinya yang Perlu Kamu Tahu

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi Rumah Gadang ( Dok.Kementerian PUPR)
Jakarta -

Buat yang tertarik berkunjung ke Sumatera Barat, ada baiknya turut membekali diri dengan bahasa Minang. Simak beberapa bahasa Minang dan artinya di bawah ini.

Suku Minang adalah salah satu suku besar yang tersebar di Indonesia. Kebiasan orang Minang merantau membuat mereka mudah ditemukan di mana pun. Orang Minang sangat mudah dikenali paling tidak dari logat saat mengucapkan bahasa Minang.




Satu lagi, masakan orang Minang terkenal dengan rempah yang kuat dan disukai banyak orang. Sebut saja nasi kapau, rendang, gulai tambusu begitu menggoyang lidah. Apalagi jika dinikmati langsung di Negeri Ranah Minang, Sumatera Barat.

Nah, untuk traveler yang berencana traveling ke Sumatera Barat, ini beberapa kosakata atau kalimat keseharian dalam bahasa Minang. detikcom telah merangkum bahasa Minang dan artinya, yang bisa traveler gunakan saat berkunjung ke sana.

1. Uda/ Uni

Uda atau Uni adalah panggilan yang digunakan dalam keseharian di Minang. Dalam bahasa Minang, uda digunakan untuk laki-laki yang umurnya lebih tua atau sederhananya berarti abang. Dan uni untuk panggilan perempuan atau sederhananya kakak.

Traveler juga akan sering mendengar kata ang atau angku saat berada di Sumatera Barat. Bahasa Minang ini biasanya digunakan oleh orang yang sudah akrab atau seumuran. Kata ang atau angku artinya kamu.

Namun, secara umum traveler tidak disarankan untuk mengucapkan itu dalam bahasa Minang karena ada beberapa orang yang menganggap itu kasar.

2. Awak/ Denai

Dalam Bahasa Minang, awak atau denai artinya saya. Bisa traveler gunakan sebagai kata untuk menyebut diri sendiri jika tidak menggunakan nama.

Contoh: awak dari Jakarta (Saya dari Jakarta).

3. Kama, dima, manga, sia

Kama merupakan bahasa Minang dari kata ke mana. Dima artinya dimana dan manga artinya ngapain'. Dan kata sia artinya siapa.

Contoh penggunaannya, kama tu? (Ingin kemana?), dima bali baju? (dimana beli baju?), manga ka sinan? (ngapain kamu ke sana/ ada perlu apa ke sana?), sia namo kawan ang tadi tu?(siapa nama teman kamu?).


Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA