Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Nov 2019 19:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Yang Segar-segar di Pulau Nunukan

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: Pradita Utama
Foto: Pradita Utama
Nunukan - Pulau Nunukan tidak hanya kaya rumput laut saja. Di sana juga ada kawasan hijau yang sedang bersiap-siap untuk menyambut wisatawan.

Tim Tapal Batas detikcom bersama PLN datang ke Kabuapten Nunukan dan kami singgah di Pulau Nunukan. Pulau yang kaya akan rumput laut ini ternyata punya kawasan hijau bernama Kebun Raya Binusan di Desa Binusan, Nunukan, Kalimantan Utara. Butuh waktu sekitar 45 menit dari pusat Kota Nunukan untuk sampai.

Saat berkunjung, detikcom disambut oleh aktivitas para tukang sedang merenovasi kawasan kebun raya. Dan kami juga tidak menemukan pihak pengelola untuk menanyakan apakah kami perlu beli tiket masuk atau menanyakan profil kebun raya ini.

(Pradita/detikcom)(Pradita/detikcom)

Kami pun mulai menjelajahi kawasan kebun raya ini. "Hati-hati mbak, jangan mengenai semen basah ya. Jalannya di pinggir-pinggir saja," ungkap seorang tukang yang sedang bekerja di jalan yang kami lewati.

Udara segar dan sejuk menemani langkah saya dan tim menjelajahi Kebun Raya Binusan ini. Di sini katanya ada air terjun, dan kami pun berjalan ke arah sana.

Sekitar 15 menit menelusuri hutan hingga ke dalam, sampailah saya di air terjun. Tidaklah besar dan tidaklah tinggi. Tapi cukup untuk mempercantik kebun raya ini.

(Pradita/detikcom)(Pradita/detikcom)

Saya pun berdiri di puncak air terjun dan melihat beberapa orang remaja laki-lai asyik bermain dan berenang di kolam air terjun. Mereka juga ada yang memanjat dan melompat. Sorak-sorai kawan-kawannya pun menyambut dirinya saat melompat ke air. Sangat asyik!

detikcom sempat beberapa waktu duduk di atas bebatuan dekat dan melihat keasyikan mereka tertawa. Walau airnya keruh namun tak menyurutkan mereka untuk bersenang-senang.

(Syanti/detikcom)(Syanti/detikcom)


Walau sedang di renovasi, tetap ada saja wisatawan yang datang ke sini. Sepertinya penduduk lokal yang ingin menghabiskan waktu.

Setelah puas melihat dan bersantai di air terjun, kami pun kembali ke arah pintu. Di sana terdapat gazebo tempat untuk bersantai. Terlihat beberapa keluarga asyik bercengkrama menikmati bekal yang mereka bawa di gazebo.

Yang Segar-segar di Pulau NunukanFoto: (Syanti Mustika/detikcom)


Tak jauh dari gazebo terdapat kolam kecil yang sepertinya aliran air berasal dari air terjun yang kami kunjungi tadi. Dan di sana ada anak-anak yang asyik bermain air.

Sekilas pandang, tempat ini seperti seperti ditinggalkan, karena banyak rumput ilalang tumbuh dibiarkan begitu saja. Namun jika kondisinya dalam renovasi dan diperbaiki secara total, Kebun Raya Binusan ini nanti akan menjadi kebanggaan Pulau Nunukan.

Ah, sudah tak sabar menunggu hasil renovasinya.


























Simak Video "Sepenggal Kisah Anak Bangsa, Terpisah dari Keluarga Demi Tuntut Ilmu"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA