Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Nov 2019 18:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Batu Keramat di Perbatasan Indonesia-Malaysia

Syanti Mustika
detikTravel
Foto drone Pantai Batu Lamampu (Okta/detikcom)
Foto drone Pantai Batu Lamampu (Okta/detikcom)
Sebatik - Pulau Sebatik di Kalimantan Utara punya pantai indah. Di sana juga ada batu keramat yang dipercaya masyarakat punya kekuatan magis.

Tim Tapal Batas detikcom bersama PLN datang ke Kalimantan Utara dan berkunjung ke Pulau Sebatik. Menggunakan kapal speedboat dari Nunukan, selama 15 menit kami menempuh jalur laut untuk mencapai pulau di utara Kalimantan ini.

Kami pun langsung menuju Pantai Batu Lamampu yang sangat terkenal dengan cerita mitosnya. Konon di sana ada sebuah batu yang dipercaya punya kekuatan mengabulkan permintaan.

Pantai dan Mitos Batu Keramat di Pulau SebatikBatu keramat yang dipercaya warga Sebatik (Syanti/detikcom)

Sekitar hampir satu jam perjalanan dari pelabuhan, sampailah kami di Pantai Batu Lamampu. Saya pun langsung menuju ke lokasi batu yang fenomenal ini.

Menaiki beberapa puluh anak tangga, sampailah saya dilokasi yang dimaksud. Terlihat sebuah batu besar dan sebuah pondokan di sana. Di sekitar batu banyak pita yang terikat di sekitar akar-akar pohon yang mengelilingi batu.

 (Pradita/detikcom)Beberapa pita terikat di akar pohon (Syanti/detikcom)

Jadi adapun kepercayaan warga setempat, jika mereka punya keinginan mereka akan mengikatkan sebuah pita ke batu (biasanya diikat ke akar atau ranting pohon yang mengelilingi batu). Setelah permintaan mereka terkabul, mereka harus melepaskan ikatan dari batu dan mengadakan pesta.

Adapun pesta tersebut diadakan di gazebo yang persis berada di samping batu besar. Mereka mengadakan acara syukuran karena keinginan mereka telah terwujud. Jika mereka tidak melepaskan pita atau mengadakan syukuran, kejadian buruk akan menimpa mereka. Itulah yang dipercaya oleh warga setempat.

Pantai dan Mitos Batu Keramat di Pulau SebatikWisatawan berfoto di pantai (Pradita/detikcom)

Setelah melihat batu, saya pun turun dan berjalan di pesisir Pantai Batu Lamampu yang tidaklah terlalu panjang. Sayang sekali, pantai cantik ini tampak kurang terawat.

Pondok-pondok santai yang berjajar di pantai terlihat kurang diperhatikan. Dan yang membuat hati makin gundah adalah sampah plastik yang bertebaran di pantai.

Pantai dan Mitos Batu Keramat di Pulau SebatikSampah plastik di pesisir pantai (Pradita/detikcom)

Andaikata dikelola dengan lebih baik, pantai ini bisa menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan di sini. Pantai Batu Lamampu begitu instagramable karena ada ayunan yang bisa digunakan untuk berfoto.




Sore pun menjelang dan sunset yang ditunggu pun datang. Sang Mentari perlahan-lahan turun dari tingginya langit dan memancarkan cahaya keorenan yang memukau mata.

Refleksi cahayanya pun menghiasi lautan luas dan membuat mata kami enggan untuk berkedip. Sunset di perbatasan sangat indah!

Pantai dan Mitos Batu Keramat di Pulau SebatikSunset di Pantai Batu Lamampu (Syanti Mustika/detikcom)


Simak Video "Uniknya Aji Kuning, Desa Pariwisata di Perbatasan Dua Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA