Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Nov 2019 17:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Masjid Sukarno di Rusia yang Bernuansa Biru

Lusiana Mustinda
detikTravel
Blue Mosque atau Masjid Soekarno. Foto: (Elizabeth Elza/detikTravel)
Blue Mosque atau Masjid Soekarno. Foto: (Elizabeth Elza/detikTravel)
Jakarta - Dalam sejarah, Rusia punya kisah kedekatan dengan Indonesia di masa lalu. Blue Mosque atau yang bernama masjid Sukarno di Rusia menjadi saksi sejarahnya.

Masjid Soekarno di Saint Petersburg, Rusia punya hubungan tersendiri dengan Indonesia. Berada di dekat Sungai Neva, Blue Mosque menjadi masjid terbesar di Rusia dan Eropa ini menjadi saksi bisa jejak Sukarno di Rusia.




Dirangkum dari detikTravel, berikut ini beberapa fakta dan cerita tentang masjid Sukarno di Rusia.

1. Sejarah

Kepemimpinan Presiden RI pertama Sukarno di era Orde Lama memang diakui dunia. Hubungan Indonesia dengan Rusia waktu itu Uni Soviet- pun sangat harmonis di era Sukarno.

Selama Uni Soviet berkuasa, masjid itu akhirnya ditutup lantaran ketika itu semua rumah ibadah tak boleh digunakan di era komunisme. Blue Mosque kemudian dialih fungsi menjadi sebuah gudang.

Pada tahun 1956, Sukarno mengadakan kunjungan bilateral ke Rusia. Ia pun sempat singgah ke Kota St Petersburg yang ketika itu bernama Leningrad. Dalam lawatannya di St Petersburg, Bung Karno melihat sebuah bangunan yang berkubah. Ia pun meyakini bangunan dengan kubah biru itu adalah sebuah masjid.

Sempat dilarang tentara Soviet, Sukarno yang dalam kunjungannya ke Rusia membawa sang putri, Megawati Soekarnoputri tersebut, diam-diam mendatangi Masjid Biru. Ia pun lalu meminta pimpinan Soviet kala itu, Nikita Khrushchev untuk mengembalikan fungsi masjid.

Pihak Soviet akhirnya merealisasikan permintaan Bung Karno. Sejak saat itu, bagi mereka yang mengerti sejarah ini, menyebut Blue Mosque dengan Masjid Soekarno.

Masjid Soekarno di Rusia. Masjid Sukarno di Rusia. Foto: (Elizabeth Elza/detikTravel)

2. Dibuat dengan Sentuhan

Masjid yang megah dan indah ini dibuat dengan granit-granit berwarna biru dan hijau toska mirip seperti mozaik kubur yang ditumpuk sistematis dan simetris. Dindingnya juga dicat biru dengan dilapisi batu alam sehingga terlihat lebih kokoh.

3. Menampung 7.000 Jemaah
Masjid Sukarno ini memiliki tiga lantai. Namun hanya lantai satu yang digunakan untuk salat. Jika tiga lantai digunakan, masjid ini bisa menampung sebanyak 7.000 jemaah.

4. Wanita Harus Berhijab

Meskipun dari 142,8 juta penduduk Rusia, sebanyak 41 persen di antaranya menganut Kristen Ortodoks dan penganut Islam hanya 6,5 persen. Sisanya penganut Atheis, Buddha dan Pagan.

Akan tetapi siapapun yang ingin masuk ke sini harus berhijab. Aturan di Blue Mosque, setiap wanita tak berhijab tidak boleh masuk ke dalam masjid.








Simak Video "Mengenal Master Mushaf Alquran Standar Indonesia Rasm Usmani"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA