Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Nov 2019 21:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Fakta Masjid Tiban Malang yang Dibangun Tanpa Arahan Arsitek

Lusiana Mustinda
detikTravel
Masjid Tiban di Malang. (Foto: Muhammad Aminudin)
Masjid Tiban di Malang. (Foto: Muhammad Aminudin)
Jakarta - Masjid Tiban di Malang punya cerita sejarah yang unik. Masjid yang megah ini ternyata dibuat tanpa arahan arsitek. Ini 5 fakta tentang masjid Tiban Malang yang perlu kamu tahu.

Masjid Tiban Malang terletak di Kecamatan Turen, Malang, Jawa Timur. Siapa sangka, masjid super megah ini letaknya berada di permukiman warga dengan jalan yang cukup sempit.


Konon menurut isu yang beredar di masyarakat, bangunan ini dibangun dalam satu malam dengan bantuan jin. Apa benar? Berikut 5 fakta tentang masjid Tiban di Malang, Jawa Timur:

1. Dibangun oleh Para Santri

Diisukan bangunan ini dibangun oleh jin dalam semalam, tapi kabar ini ternyata hanya isapan jempol. Menurut pengakuan warga sekitar, jin yang dimaksud adalah para santri dari pondok pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang lokasinya berada satu kawasan dengan Masjid Tiban Turen.

2. Memiliki Bangunan yang Sangat Megah

Tak ada warga sekitar yang mengetahui kapan masjid megah ini dibangun. Menara tinggi yang ada di tengah-tengah pemukiman dengan perpaduan ornamen khas Turki, India, Russia hingga Mesir membuat konsep bangunannya campur aduk namun bernilai seni tinggi.

Masjid Tiban di Malang yang megah dan indah.Masjid Tiban di Malang yang megah dan indah. (Foto: Muhammad Aminudin)

3. 10 Lantai

Bangunan masjid dengan 10 lantai ini tidak dibangun hanya dalam semalam. Akan tetapi masjid Tiban Malang ini sudah dibuat sejak tahun 1978.

4. Fasilitas Lengkap

Dari 10 lantai, lantai 1 merupakan tempat istirahat dan musala, lantai 2 berisi loket, ruang istirahat, ruang makan, dan dapur, lantai 3 berisi musala, akuarium, dan kebun binatang mini.

Sedangkan lantai 4 merupakan lantai untuk keluarga pengasuh pondok, lantai 5 terdapat musala, lantai 6 merupakan ruangan istirahat untuk santri, lantai 7 dan 8 berisi toko dan kios-kios milik pesantren yang dikelola oleh para santri, lantai 9 merupakan bangunan yang didesain sebagai lereng gunung, dan lantai 10 adalah gua dan juga ialah puncak gunung.

Masjid tiban yang indah di Malang.Masjid tiban yang indah di Malang. (Foto: Muhammad Aminudin)

5. Wisata Religi Favorit di Jawa Timur

Masjid yang berfungsi sebagai pesantren ini juga sering dikunjungi para wisatawan. Karena sejarah masjid Tiban Malang yang unik, membuat banyak orang penasaran untuk datang ke sini.

Untuk masuk ke sini tidak dipungut biaya lho alias gratis! Yuk, mampir ke Malang sekaligus berwisata religi ke Masjid Tiban di Malang.



Simak Video "Mengenal Master Mushaf Alquran Standar Indonesia Rasm Usmani"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA