Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Nov 2019 17:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukit Bintang, Wisata Alam Memesona di Antara Brebes-Kuningan

Imam Suripto
detikTravel
Pemandangan Bukit Bintang di Brebes (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Pemandangan Bukit Bintang di Brebes (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Destinasi wisata bernama Bukit Bintang bertebaran di berbagai tempat. Nah, destinasi yang unik satu ini ada di perbatasan Brebes dan Kuningan.

Anda yang gemar traveling ada baiknya mencoba untuk mendatangi Bukit Bintang yang berlokasi di Desa Capar, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tempat ini, berada tepat di antara Kabupaten Brebes di Jawa Tengah dengan Kabupaten Kuningan di Jawa Barat.

Objek wisata ini menawarkan wisata alam pegunungan yang masih alami. Untuk mencapai tempat ini, memang dibutuhkan perjuangan, selain lokasinya yang terpencil, medan jalan yang dilalui juga cukup menantang.

Bahkan di beberapa titik, kami harus menyusuri tepian hutan pinus dengan jalan masih berupa tanah. Perjalanan dari pusat Kecamatan Salem menuju obyek wisata ini membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam.

Tiba di lokasi, pengunjung akan melihat gapura raksasa yang berbuat dari bambu. Dari Bukit Bintang ini kita bisa menikmati pemandangan yang eksotik. Namun, untuk mencapai puncak bukit, kita harus berjalan kaki naik ke atas bukit, dengan menyusuri jalan setapak.

Bukit Bintang, Wisata Alam Memesona di Antara Brebes-KuninganBukit Bintang di antara Brebes-Kuningan. (Foto: Imam Suripto/detikcom)

Diperlukan kondisi fisik yang fit untuk wisata petualangan ini. Namun begitu, sesampainya di puncak, rasa lelah selama menaiki bukit akan terobati. Pemandangan yang begitu memesona berada bisa dilihat dari Bukit Bintang ini. Dari puncak ini, kita juga bisa melihat pemandangan pemukiman penduduk di wilayah Kabupaten Kuningan yang jauh di sana, termasuk Kota Kuningan.

Namun sayang, sejumlah fasilitas di obyek wisata ini terlihat kurang terpelihara. Di sana ada wahana bermain anak-anak, tempat berfoto dan kamar mandi.

Kamu yang ingin berwisata ke tempat ini disarankan membawa perbekalan yang cukup, karena tidak ada warung yang menjual makanan dan minuman. Disarankan juga untuk diantar oleh warga setempat dengan meminta petunjuk ke Kantor Balai Desa Capar, Kecamatan Salem.

Bukit Bintang, Wisata Alam Memesona di Antara Brebes-KuninganBukit Bintang di antara Brebes-Kuningan. (Foto: Imam Suripto/detikcom)

"Cocok bagi yang suka bertualang. Banyak tantangan untuk sampai ke Bukit Bintang," ujar Wasdiun (47), pengunjung asal Brebes kota ini.

Meski lokasinya terpencil di perbatasan Brebes dan Kuningan, kata Wasdiun, tetapi pesona yang ditawarkan Bukit Bintang memang luar biasa. Sebagai wisatawan, ia berharap tempat ini dapat ditata dan dikelola secara baik karena menyimpan segudang potensi.

Camat Salem, Nur Ari HY mengatakan, pemerintah akan melakukan pembenahan terhadap sejumlah tempat yang memiliki potensi wisata, termasuk Bukit Bintang. Pembenahan itu termasuk perbaikan akses jalan dan sarana pendukung lainnya.




Simak Video "Wisata Hutan Mangrove, Brebes"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA