Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Nov 2019 18:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Masjid Agung Semarang Jawa Tengah yang Punya 5 Keunikan

Sudiarto Putra
detikTravel
Masjid Agung Semarang. Foto: (Nfadils/d'Traveler)
Jakarta - Payung yang ada di Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah mengingatkan kita pada Masjid Nabawi. Masjid ini memiliki keunikan dan sejarah yang patut kamu ketahui. Apa saja ya?

Hampir sama seperti masjid bersejarah lainnya yang ada di Pulau Jawa, Masjid Agung Semarang ini terletak di pusat kota dan berdekatan dengan gedung-gedung pemerintahan. Masjid Agung Semarang menjadi satu-satunya masjid di Indonesia yang mengumumkan kemerdekaan bangsa Indonesia secara terbuka setelah Ir. Sukarno memproklamirkan Indonesia telah merdeka.




Dirangkum dari detikTravel, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah:

1. Sejarah

Masjid Agung Jawa Tengah ini memiliki tanah seluas 119 hektare. Dibangun di atas tanah wakaf Ki Ageng Panandaran II, Bupati Sematang pertama. Meskipun begitu, ada masalah dengan kepemilikan surat tanahnya sehingga yang mengaku memiliki lebih dari satu orang. Hingga suatu saat tanah tersebut telah ditukar guling oleh beberapa perusahaan besar multinasional kepada investor luar negeri.

Didukung oleh Gubernur Jawa Tengah saat itu, Mardiyanto. Tanah-tanah ini diselesaikan hak kepemilikannya sehingga tanah ini tidak jatuh ke tangan orang lain. Di tahun 2002, pembangunan masjid dengan peletakan batu pertama dilakukan. Tahun 2006 masjid ini diresmikan.

2. Dilengkapi dengan Payung Hidrolik

Masjid Agung Jawa Tengah termasuk Masjid termegah di Indonesia. Masjid Agung Jawa Tengah dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006. Pada bagian depan masjid, terdapat enam payung hidrolik raksasa yang dapat terbuka dan tertutup secara otomatis. Ini merupakan adaptasi arsitek bangunan masjid Nabawi.

Payung raksasa akan dibuka pada saat Sholat Jumat, Idul Fitri atau Idul Adha dengan catatan bila angin tidak melebihi 200 knot. Jika kalian sedang melaksanakan Sholat Jumat tapi paying tidak terbuka, mungkin kondisi angin sedang melebihi 200 knot.

3. Dapat Menampung 15.000 Jamaah

Kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah ini bisa menampung hingga 15.000 jamaah, belum termasuk halaman utama masjid yang mampu menampung sekitar 10.000 jamaah. Tidak hanya itu, Di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah juga terdapat museum dan perpustakan yang menceritakan mengenai sejarah tempat wisata Semarang.

4. Alamat

Masjid yang terletak di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, tidak hanya berfungsi untuk sebagai tempat beribadah umat Islam. Masjid ini juga berfungsi sebagai pusat pendidikan, pusat syair Islam, dan wisata religi untuk para pengunjung yang mengagumi kemegahan arsitektur masjid.

5. Fasilitas

Masjid Agung Semarang Jawa Tengah dilengkapi dengan beberapa fasilitas lengkap, seperti perpustakaan, auditorium, penginapan, ruang akad nikah, serta museum perkembangan islam, dan kafe di bagian menara Asmaul Husna.

Sesuai dengan namanya, menara Asmaul Husna memiliki ketinggian 99 meter. Di puncak Menara Asmaul Husna kita dapat melihat megahnya Masjid Agung Jawa Tengah dari ketinggian, selain itu kita juga bisa melihat pemandangan Kota Semarang dan pesisir laut yang indah dengan menggunakan teropong.

Bagi kalian yang penasaran dan ingin berkunjung ke Masjid Agung Semarang Jawa Tengah. Jangan lupa untuk membawa peralatan sholat agar pada saat masuk waktu sholat tiba tidak sulit untuk melaksanakan sholat. Waktu terbaik untuk naik ke atas menara adalah pada saat sore hari (Ba'da Ashar), saat itu merupakan waktu yang pas untuk melihat sunset dengan teropong.

Jangan buang sampah sembarangan di sekitar masjid, buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan oleh pihak masjid. Hal yang terpenting untuk para pengunjung adalah gunakan pakaian yang sopan khususnya bagi wanita untuk menutup auratnya.






Simak Video "Suasana Salat Jumat 'New Normal' di Masjid Agung Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA