Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Des 2019 10:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Fakta Ujung Genteng, Mutiara Tersembunyi dari Sukabumi

Tasya Awlia
detikTravel
Ujung Genteng/Foto: (Awi Willyanto/dTraveler)
Ujung Genteng/Foto: (Awi Willyanto/d'Traveler)
Jakarta - Pantai Ujung Genteng berlokasi di Sukabumi. Pantai ini memiliki pesona alam yang tersembunyi.

Pantai ini berlokasi di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai Ujung Genteng merupakan area di pesisir Sukabumi yang berbatasan langsung dengan laut lepas Samudera Indonesia.

Berikut 5 Fakta Ujung Genteng:


1. Pantai Memesona

Pantai Ujung Genteng tergolong salah satu surga tersembunyi. Tempat ini terdapat pasir putih yang membentang dan berkilauan ditimpa oleh cahaya matahari serta deburan ombak. Kamu pun ingin berlama-lama berenang dengan ditemani ikan yang berwarna-warni di perairan ini.

2. Sejarah

Ujung Genteng merupakan perubahan ejaan dari Ujung Gunting. Karena daerah ini ada di satu sudut ujung Pulau Jawa bagian barat yang mirip seperti gunting.

Ujung Gunting yang berada di bagian atas disebut Ujung Kulon. Sedangkan ujung bagian bawah disebutlah Ujung Genteng.

3. Pemandangan Unik

Para wisatawan bisa menikmati pemandangan unik, yakni puing-puing bekas dari dermaga sisa peninggalan zaman Belanda. Pemandangan pantai yang dikelilingi oleh hutan lindung serta mercusuar, menjadikan area pantai ini dinamai Tenda Biru. Tempat ini sangat sempurna dijadikan spot foto.

4. Wisata Sekitar Ujung Genteng

Ada banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Ujung Genteng, mulai dari pelelangan ikan, Pantai Aquarium, dan Pantai Cibuaya. Jika kamu beruntung, bisa menyaksikan penetasan penyu dan pelepasan penyu serta masih banyak tempat wisata di sekitar Ujung Genteng yang tidak boleh dilewatkan.


5. Rute Perjalanan

Perjalanan ke Ujung Genteng, tidaklah mudah. Kamu harus menempuh jalan yang menanjak, terjal, dan berkelok-kelok. Dari Jakarta dibutuhkan waktu sekitar 5 jam menggunakan mobil. Jika menggunakan motor diperlukan waktu yang lebih lama sekitar 8 jam. Tetapi perjalanan yang sangat panjang, akan terasa menyenangkan karena keindahan alam terbentang di sepanjang perjalanan.

Mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pesisir Pelabuhan Ratu dan perkebunan teh yang terhampar. Tiket masuk Ujung Genteng seharga 10.000/org. Tersedia juga penginapan di pantai yang tidak boleh dilewatkan, karena dalam waktu sehari tidak cukup untuk menikmati keindahan alam dan tempat wisata yang berada di sekitar Ujung Genteng. pantai ini cocok dijadikan destinasi liburan pada akhir 2019 ini. Yuk ke Ujung Genteng!




Simak Video "Pos TNI AU di Ujung Genteng Dirusak, Polisi Gelar Penyelidikan"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA