Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Des 2019 13:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Likupang, Si Destinasi Super Prioritas

Afif Farhan
detikTravel
Selamat datang dfi Likupang (dok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Selamat datang dfi Likupang (dok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Manado - Pemerintah punya 5 Destinasi Super Prioritas, yang akan dikebut dan dimaksimalkan pembangunan pariwisatanya. Salah satunya adalah Likupang.

5 Destinasi Super Prioritas itu yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. Tahun 2020, diharapkan pembangunan bandara, perpanjangan runway, jalan tol, hingga fasilitas penunjang pariwisatanya selesai dibangun.

5 Destinasi Super Prioritas merupakan pengerucutan dari 10 Destinasi Prioritas atau juga disebut dengan julukan 10 Bali Baru. Namun menariknya, ada satu nama yang tidak masuk dalam 10 Destinasi Prioritas tapi masuk dalam 5 Destinasi Super Prioritas.

Ya, itulah Likupang. Presiden Jokowi baru menetapkan status Destinasi Super Prioritas untuk Likupang pada bulan Juli 2019.



Apa dan di mana itu Likupang?

Likupang merupakan suatu kecamatan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Luasnya sekitar 200 hektar, yang memiliki kawasan pesisir dengan pantai berpasir putih. Likupang pun sedang disiapkan untuk menjadi KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Pariwisata.

Kawasan pesisir LikupangKawasan pesisir Likupang (dok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)


Dalam undangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), detikcom menjelajahi Likupang. Lokasinya cukup jauh dari Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, sekitar 2 jam naik mobil.

Medan perjalanannya pun berkelak-kelok, naik-turun, dengan lebar jalan yang tak luas-luas amat. Cukup bikin lelah, untungnya jalanannya sudah mulus alias tidak bolong-bolong.

"Tahun depan rencananya pembangunan jalan tol dari Manado ke Likupang akan selesai. Nantinya, lebih cepat ke sana dari Manado hanya 30 menit," kata Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Octavianus Estefanus Kandouw di Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Manado, Kamis (29/11/2019) kemarin pada awak media.

"Semenjak diputuskan sebagai Destinasi Super Prioritas, kami fokus untuk pembebasan lahan supaya pembangunan infrastruktur dapat dipercepat. Sekarang, tidak ada masalah pembebasan lahan lagi," tambahnya.

Mengenal Likupang, si Destinasi Super PrioritasWakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Octavianus Estefanus Kandouw (Afif Farhan/detikcom)




detikcom pun mendatangi Likupang, tepatnya ke Pantai Paal dan Pantai Pulisan. Dua kawasan pesisir ini disebut menjadi pusatnya KEK Pariwisata Likupang.

Pesisir pantainya cukup cantik. Hamparan pasir putih, berhadapan dengan lautan bergradasi. Pantai Pulisan malah punya perbukitan dengan padang savana yang elok. Bentuk pesisirnya yang berupa teluk, membuat Pantai Pulisan punya banyak spot pantai menawan.

Pantai PaalPantai Paal (Afif Farhan/detikcom)


Perbukitan di kawasan Pantai PulisanPerbukitan di kawasan Pantai Pulisan (dok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)


Proyek pembangunan fasilitas pariwisata terlihat di dua pantai di Likupang tersebut. Salah satunya pembangunan toilet umum, yang masih terlihat jelas pondasinya.

Pembangunan toilet umum di Pantai PaalPembangunan toilet umum di Pantai Paal(Afif Farhan/detikcom)


Yang cukup disayangkan, posisi rumah-rumah makan cukup dekat dari bibir pantai. Apakah akan ada penataan lebih lanjut?

"Tentu, nanti akan ditata untuk membuat wisatawan lebih nyaman. Yang pasti, kami dari Pemprov akan melibatkan masyarakat sebagai pelaku wisata. Tenang saja, mereka juga nanti akan bisa berjualan di sana dan mendapat lapangan pekerjaan lainnya," ujar Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Utara, Daniel Mewengkang dalam 'Sosialisasi Promosi Pariwisata pada Media Nasional' yang diadakan Kemenparekraf bersama Pemprov Sulut pada Jumat (29/11) kemarin.

Selama ini, Sulawesi Utara sudah terkenal dengan Bunaken. Namun dengan adanya Likupang, diyakini menjadi pilihan lainnya yang juga lebih menggoda wisatawan, khususnya turis mancanegara.

Mengenal Likupang, si Destinasi Super PrioritasKepala Dinas Pariwisata Sulawesi Utara Daniel Mewengkang (dok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)


Apalagi, Sulawesi Utara dapat dibilang menjadi destinasi favorit turis China. Cuma 3-4 jam terbang dari China, turis-turisnya sudah bisa liburan di berbagai pantai eksotis di Sulawesi Utara.

"Turis China adalah pasar potensial bagi kita. Jarak penerbangan mereka tidak terlalu jauh dari Sulawesi Utara. Ke depannya, mungkin turis dari Jepang dan Korea Selatan juga kita incar," terang Daniel.



Soal Likupang, tampaknya kita harus bersabar. Kini, pembangunan pariwisata sedang dikebut dan dimaksimalkan.

Semoga, Likupang nanti bisa mencuri hati turis dunia. Jadi kebanggaan Sulawesi Utara, juga Indonesia!

Mengenal Likupang, si Destinasi Super PrioritasSudut-sudut Pantai Pulisan (dok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)




Simak Video "Kotamobagu Sulut Diguyur Hujan Es Saat Kemarau"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA