Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Des 2019 20:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pasang Surut Hotel Tjimahi yang Pernah Ditinggali Keluarga Bu Ani

Yudha Maulana
detikTravel
Hotel Tjimahi yang dulu pernah ditinggali keluarga Ani Yudhoyono. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Hotel Tjimahi yang dulu pernah ditinggali keluarga Ani Yudhoyono. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi - Kejayaan Hotel Tjimahi meredup di tengah gempuran hotel-hotel yang lebih modern. Padahal salah satu hotel tertua di Cimahi itu menyimpan sejarah yang menarik untuk ditelisik.

Villa dan kebun bunga yang dijadikan hotel sejak 1927 itu pernah dijadikan tempat tinggal oleh sejumlah tokoh besar, seperti keluarga Ani Yudhoyono, Kepala BNPB Doni Monardo, hingga Raymond Westerling. Tapi itu dulu, jauh di masa lalu.

Pasang Surut Hotel Tjimahi yang Pernah Ditinggali Keluarga Bu AniBagian dalam kamar yang dulu ditinggali keluarga Ani Yudhoyono. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

"Justru ini yang miris banget, kita saat ini berat (mengelola). Kayaknya harus dijual. Kalau perlindungan dari Pemkot sih belum ada," kata pengelola Hotel Tjimahi, Thea GS.

Menurutnya, pemeliharaan bangunan seluas 3.300 meter persegi dengan arstitektur era kolonial itu cukup berat. Jumlah pemasukan masih sulit untuk menutupi biaya kelola setiap bulannya.

"Arealnya kan besar, biaya perawatan juga besar. Coba bayangkan pendapatan kami sama seperti 10 tahun yang lalu. Misal pendapatan Rp 100 juta, nah sampai sekarang stagnan, tetap seperti itu," kata cucu pendiri Hotel Tjimahi, Nyi Raden Fatimah Singawinata itu.

Pihaknya pun sulit untuk mendapatkan kucuran dari bank untuk pengembangan, karena terganjal di regulasi. "Untuk wilayah Bandung dan Jalarta, tidak ada kucuran dari bank. Makanya kami senang bila ada pihak yang mau kolaborasi," kata Thea.

Pasang Surut Hotel Tjimahi yang Pernah Ditinggali Keluarga Bu AniHotel Tjimahi yang sarat sejarah. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

Saat ini, Hotel Tjimahi masih beroperasi dengan 22 karyawan yang bekerja di dalamnya. Dulu, tamu-tamu yang melancong ke wilayah Kotif Cimahi sering diinapkan di Hotel Tjimahi.

"Hadirnya hotel-hotel yang baru juga sedikitnya berpengaruh, tapi kami coba untuk menjaga keaslian bangunan ini dari depan sampai belakang," katanya.




Simak Video "Malam Ini, SBY Gelar Pidato Kontemplasi dan Doa untuk Bu Ani"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA