Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Des 2019 13:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Aktivitas Seru di Monas, Dijamin Bikin Liburan Lebih Asyik

Niken Widya Yunita
detikTravel
7 Aktivitas Seru di Monas, Bikin Liburan Lebih Seru/Foto: (Elmy Tasya Khairally/detikcom)
7 Aktivitas Seru di Monas, Bikin Liburan Lebih Seru/Foto: (Elmy Tasya Khairally/detikcom)
Jakarta - Kawasan wisata Monumen Nasional (Monas) kini sudah dibuka lagi setelah ada ledakan di Monas pada Selasa (3/12/2019) pagi. Buat wisatawan dan warga sekitar, Monas sendiri memang menjanjikan banyak aktivitas seru, apalagi untuk mengisi liburan akhir tahun nanti. Apa saja aktivitasnya?

Monas selama ini dikenal sebagai ikon Jakarta atau Indonesia. Wisatawan asing maupun wisatawan mancanegara berwisata ke tempat ini.

Sejarah Monas yakni bangunan ini didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah Presiden Sukarno dan dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975.

Monas terletak di Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen itu memiliki tinggi sekitar 132 meter. Di Monas kamu bukan hanya bisa olahraga dan berfoto-foto dengan latar belakang tempat kebanggaan orang Indonesia itu.

Sebentar lagi musim liburan telah tiba. Berikut aktivitas seru di Monas yang bisa bikin liburan kamu lebih seru.


1. Puncak Monas

Untuk ke pelataran puncak Monas kamu harus mengantre. Setelah naik lift, kamu dapat melihat keseluruhan Kota Jakarta dari ketinggian sekitar 115 meter. Di sini kamu dapat menikmati pemandangan Kota Jakarta dari puncak Monas dengan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 10.000.

2. Museum Monas

Museum Monas terletak di bagian bawah Monas. Terdiri dari sebuah ruangan besar yang biasa disebut cawan. Di dalamnya terdapat Museum Nasional Indonesia, rumah dari 48 diorama sejarah Tanah Air dari masa ke masa.

3. Ruang Kemerdekaan

Masih di lokasi yang sama dengan Museum Monas, di sini kamu dapat pergi ke Ruang Kemerdekaan. Tempat itu merupakan tempat disimpannya Mendera Merah Putih saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Kamu juga dapat mendengarkan suara Bung Karno membacakan teks proklamasi dengan wahana khusus.

4. Patung Karya Seni

Kegiatan seru di Monas lainnya adalah melihat karya seni. Di Monas terdapat sejumlah patung karya seni sesuai rupa para pahlawan nasional, seperti Pangeran Diponegoro, Chairil Anwar, dan R.A Kartini.


5. Naik Kereta

Puas ke museum, kamu bisa berkeliling dengan menaiki kereta wisata. Kamu bisa menikmati pemandangan di sekitar Monas sambil duduk nyaman di atas kursi. Carilah halte terdekat dan mengantre. Kereta akan datang menjemput dan membuat liburan semakin seru.

6. Menonton Pertunjukan Air Mancur Menari

Kegiatan seru di Monas lainnya yakni menonton pertunjukan air mancur menari. Untuk menonton, kamu tidak perlu mengeluarkan kocek alias gratis. Pertunjukan ini dapat ditonton pukul 19.00 dan 20.30 di akhir pekan. Namun saat musim liburan, pertunjukan akan berlangsung setiap hari.

7. Makan di Lenggang Jakarta

Puas berkeliling, aktivitas seru di Monas berikutnya yakni wisata kuliner. Namanya Lenggang Jakarta. Di sini segala makanan khas Jakarta dan jajajan sudah tersedia. Perut pun menjadi kenyang setelah berkeliling Monas.



Simak Video " Situasi Terkini Pascaledakan di Monas"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA