Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Des 2019 19:04 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mencari Si Umang, 'Penghuni' Asli Pantai Pangandaran

Wisma Putra
detikTravel
Foto: Mencari kelomang di Pangandaran (Wisma Putra/detikcom)
Foto: Mencari kelomang di Pangandaran (Wisma Putra/detikcom)
Pangandaran - Pantai Pangandaran masih jadi pantai favorit di Jawa Barat. Selain bisa main air, di pantai ini traveler juga bisa berjumpa dengan Si Umang yang menggemaskan.

Selain memiliki banyak destinasi wisata, Pangandaran juga memiliki pasir putih yang masih menjadi andalan utama bagi para pengunjung. Tak lengkap rasanya bila berwisata ke Pangandaran tidak mengunjungi pasir putih.


Selain bisa menikmati keindahan alam yang sangat indah, di pasir putih juga kita bisa melihat hewan laut. Sudah sejak pagi para wisatawan datang ke pasir putih dengan menaiki perahu dari pantai barat Pangandaran.

Tak hanya bermain, di pasir putih para wisatawan bisa melihat kelomang, umang-umang atau kumang yang muncul dari pasir. Kumang tersebut bisa dimainkan oleh anak-anak.

Mencari Si Umang, Penghuni Asli Pantai PangandaranFoto: Wisma Putra/detikcom

Selain itu, para wisatawan juga bisa melihat hewan laut lainnya seperti ikan kecil, bintang laut, kepiting bahkan kuda laut. Ada juga wisatawan yang mencari kuwuk yang nantinya bisa dimainkan untuk bekel atau congkak.

"Kumangnya masih banyak, bisa dimainin anak-anak," kata Nina kepada detikTravel.

Nina menyebut, ia bersama anak, suami dan keluarganya datang ke pasir putih untuk bermain bersama keluarganya. "Kan kalau main di pantai barat cuma berenang aja, kalau ke pasir putih selain bisa berenang kita juga bisa melihat kumang," ungkapnya.

Mencari Si Umang, Penghuni Asli Pantai PangandaranFoto: Wisma Putra/detikcom

Selain melihat kumang, masih banyak ikan-ikan kec l yang muncul di balik karang dan terjebak di karang mati karena sebelumnya air pasang.

"Ada ikan, bahkan ada bintang laut dan kepiting juga ada. Senang anak saya," ujar Nina.


Selain dapat melihat hewan laut, karena posisi pasir putih ada di dekat cagar alam Pangandaran, para wisatawan juga bisa melihat monyet dan rusa. Kadang-kadang hewan tersebut juga turun ke pesisir pantai.

"Ada monyet bergelantungan di pohon, ada juga rusa yang turun ke pantai. Kadang juga kalau kebetulan ada biawak," pungkasnya.

Mencari Si Umang, Penghuni Asli Pantai PangandaranFoto: Wisma Putra/detikcom


Simak Video "Destinasi Wisata Pantai Eksotik, Pangandaran"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA