Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Des 2019 21:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mau Mendaki Gunung Semeru? Simak 4 Tips Ini

Sudiarto Putra
detikTravel
Mendaki Gunung Semeru. Foto: Andik Setiawan/d'Traveler
Jakarta - Bagi para pendaki, Gunung Semeru yang berada di Jawa Timur dengan ketinggian 3.676 di atas permukaan laut adalah salah satu tempat favorit. Gunung memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Maka tak heran gunung ini sangat populer di kalangan para pecinta alam di seluruh Indonesia.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mendaki puncak Semeru. Para pendaki diwajibkan untuk mendaftarkan diri secara online untuk bisa pergi ke Gunung Semeru seminggu sebelum pendakian. Harga untuk mendapatkan surat izin memasuki kawasan konservasi (SIMAKSI) adalah Rp 17.500 per orang per hari untuk weekday dan Rp 20.000 per orang per hari pada saat Weekend.


Siapkan fotokopi KTP atau identitas lain, juga surat keterangan sehat dari dokter yang dibuat sehari sebelum melakukan pendakian, siapkan juga materai 6000 dan bukti pembayaran.

Persyaratan di atas wajib dibawa saat melakukan registrasi di base camp pendakian. Tujuannya agar pihak TNBTS bisa mendata dan mengontrol para pengunjung yang ingin mendaki.

Berikut tips yang bisa kalian pelajari sebelum melakukan pendakian Gunung Semeru mulai awal perjalanan sampai melakukan pendakian.

1. Transportasi Perjalanan

Bagi pendaki dari arah Jakarta bisa menggunakan moda transportasi kereta api, bis, atau kendaraan pribadi. Umumnya pendaki dari daerah Jakarta menggunakan kereta api karena gampang dan tidak ribet.

Dari Jakarta kita bisa menaiki kereta dari stasiun Gambir atau stasiun Pasar Senen dengan tujuan ke stasiun Malang. Setibanya di stasiun Malang selanjutnya kita mencari angkutan umum untuk pergi ke arah Tumpang dan tujuan akhir ke Ranupani, Senduro, Lumajang.

Mendaki Gunung Semeru.Mendaki Gunung Semeru. Foto: Agung Wijaya/d'Traveler

2. Estimasi Waktu Pendakian

Ranu Pane ke Pos 1: 1 jam

Pos 1 ke pos 2: 30 menit - 45 menit

Pos 2 ke pos 3: 1 jam - 1.5 jam

Pos 3 ke pos 4 : 45 menit

Pos 4 ke Ranu Kumbolo: 30 menit

Ranu Kumbolo ke Cemoro Kandang : 1 jam

Cemoro Kandang ke Jambangan: 2 jam

Jambangan ke Kalimati : 1 jam

Kalimati ke Kelik: 1 jam

Kelik ke Puncah Mahameru: 4 jam - 6 jam


Untuk melakukan pendakian Gunung Semeru kita membutuhkan waktu 4-5 hari dari awal perjalanan pamit hingga pulang ke rumah dengan selamat.


Apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa melakukan pendakian dengan aman dan selamat?


3. Siapkan Peralatan Lengkap

Peralatan yang harus dibawa untuk para pendaki adalah sepatu trekking, sandal, pakaian, kaos kaki, topi, jaket, tas, jas hujan, sleeping bag, matras, head lamp. Untuk tenda kelompok seperti tenda, logistik dan alat makan.

Semua itu wajib dibawa untuk para pendaki yang ingin melakukan pendakian gunung apapun agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, masih ada para pendaki yang belum sadar akan keselamatan diri maupum lingkungan. Masih ada pendaki yang memakai sepatu yang tidak seharusnya dipakai untuk pendakian.

Ranukumbolo, Gunung Semeru.Ranukumbolo, Gunung Semeru. Foto: (Elvina Diah Siregar/d'Traveler)

4. Persiapkan Fisik

Sebelum perjalanan dimulai, diwajibkan untuk melakukan persiapan fisik terlebih dahulu. Kita bisa melakukan latihan dengan cara lari, push up, trap tangga, dan olah raga lainnya untuk mengoptimalkan fisik kita.

Ketika mendaki namun cuaca sedang hujan, tentunya fisik mengalami drop. Untuk itu para pendaki sebaiknya menggunakan alat penghangat badan seperti jaket atau sleeping bag agar tubuh tetap dalam keadaan normal.

Ketika melakukan perjalanan di trek jalan terjadi hujan, sebaiknya para pendaki membuat tenda darurat dengan menggunakan flysheet agar tidak basah dan kedinginan. Jika hal itu terjadi kemungkinan besar akan mengalami hipotermia.

Nah, jadi itulah tips untuk kalian para pecinta alam yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Semeru dan menikmati keindahan alam yang manakjubkan.

Setelah semua persyaratan sudah dilengkapi Anda bisa melakukan pendakian sesuai waktu yang sudah ditentukan. Selalu hati-hati saat melakukan pendakian dan jangan melanggar aturan yang sudah ditentukan.





Simak Video "Detik-detik Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 3 Km"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA