Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Des 2019 18:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Nama Daerah di Indonesia yang Unik

Lusiana Mustinda
detikTravel
Daerah di Indonesia dengan nama unik. Foto: Istimewa
Daerah di Indonesia dengan nama unik. Foto: Istimewa
Jakarta - Ternyata nama beberapa daerah di Indonesia ada yang unik. Namanya membuat kita tersenyum. Apa saja sih nama daerah di Indonesia yang unik dan juga lucu?

Nama sebuah daerah atau desa memang berpengaruh terhadap ingatan. Nama yang unik membuat kita selalu terngiang-ngiang dengan tempatnya. Bisa jadi kamu akan bertanya-tanya mengenai nama desa ini. Kira-kira apa saja ya nama desanya?


Penasaran? Yuk, lihat nama daerah di Indonesia yang unik:

1. Koplak

Daerah di Indonesia yang unik.Daerah di Indonesia yang unik. Foto: Istimewa

Nama daerah unik di Indonesia ada Koplak. Koplak merupakan dusun yang terletak di jalan Kaliurang KM 14.5. Kata koplak ini sering dipakai untuk sesuatu yang dianggap konyol.

2. Toket

Desa Toket yang unik.Desa Toket yang unik. Foto: Istimewa

Nama desa yang ada di kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan Madura ini nampaknya sedikit vulgar ya. Toket merupakan bahasa gaul yang tidak ada di KKBI. Toket sering diartikan sebagai payudara.

Meski namanya unik, desa Toket terkenal sebagai penghasil batik di Pamekasan, Madura.

3. Kebocoran

Daerah dengan nama lucu dan unik di Indonesia.Daerah dengan nama lucu dan unik di Indonesia. Foto: Istimewa

Nama daerah di Indonesia yang unik lainnya adalah Desa Kebocoran. Desa ini terletak di barat laut Purwokerto yang berjarak sekitar 5,0 KM dari alun-alun Purwokerto.

Konon kabarnya nama 'Kebocoran' ini berasal dari cerita legenda zaman dulu di daerah tersebut. Penamaan Kebocoran berkaitan dengan pengembaraan Raden Banyak Catra di Pasir Luhur yang kini bernama Purwokerto Barat.

Di mana Raden Kamandaka mengalami luka parah setelah bergelut dengan kondisi darah mengalir derasnya seakan seperti bocor. Sehingga dinamai kebocoran.

4. Pocong

Desa Pocong.Desa Pocong. Foto: Istimewa

Pocong menjadi nama hantu Indonesia yang seram dan banyak ditakuti. Tetapi nama Pocong yang satu ini adalah nama desa yang benar adanya. Terletak di wilayah Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Di desa Pocong ini mayoritas mata pencaharian warganya adalah bertani.

5. Tutup

Desa tutup.Desa tutup. Foto: Istimewa

Tutup adalah nama desa di Kecamatan Tunjungan, Blora, Jawa Tengah. Meskipun namanya Tutup tapi bukan berarti desa ini tertutup, ya, detikers. Kamu bisa datang sesukanya dan mengeksplorasi daerahnya.

6. Kandang Sapi

Daerah dengan nama desa Kandang Sapi.Daerah dengan nama desa Kandang Sapi. Foto: Istimewa

Apa yang ada di pikiran kamu kalau mendengar kata Kandang Sapi? Akan tetapi nama Kandang Sapi ini adalah nama daerah atau desa yang ada di kecamatan Jenar, Sragen, Jawa Tengah.

7. Kasmaran

Desa Kasmaran.Desa Kasmaran. Foto: Istimewa

Kenapa ya kok namanya Desa Kasmaran? Apa setiap hari orang di sini kerjanya jatuh cinta?

Desa Kasmaran berada di Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu. Konon kabarnya, nama Kasmaran ini diambil dari peristiwa Kasmarannya atau jatuh cintanya Raja Sumedang Larang dengan seorang wanita.




Simak Video "Pencari Cacing Sutera Desa Mangli Jember"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA