Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Des 2019 14:28 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Liburan Akhir Tahun, Pekalongan Punya Wisata Rafting Seru

Robby Bernardi
detikTravel
Rafting di Sungai Sengkareng, Kabupaten Pekalongan (Bernardi/detikcom)
Kabupaten Pekalongan - Di masa liburan akhir tahun, saat libur Natal dan Tahun Baru, yuk menikmati rafting di Sungai Sengkarang Lolong, Kabupaten Pekalongan. Seru banget!

Untuk bisa menikmati keindahan di sepanjang Sungai Sengkarang, Desa Lolong ini kita bisa menyelusuri dengan cara rafting. selain menguji andrenalin, kita juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang asri.


Limpahan air sungai yang jernih, menjadi pelengkap keindahan Sungai Sengkarang. Belum lagi, adanya jeram di beberapa titik, menjadi liburan kali ini menyenangkan.

Jangan kuatir, saat rafting ini dibekali dengan alat pengaman dan didampingi oleh pemandu yang bersertifikat. Pemandu ini sebelumnya memberikan tutorial penggunaan alat pengaman maupun dayung dan aba-aba yang nantinya digunakan oleh peserta.

Asyik buat seru-seruan bareng temanAsyik buat seru-seruan bareng teman (Robby Bernardi/detikcom)

Nah setelah itu, baru kita melakukan rafting. Biasanya satu perahu berisi empat hingga enam orang. Memang, dibutuhkan kekompakan agar perahu stabil dalam mengarungi jeram di Sungai Sengkarang ini.

Suryono Sukarno, salah satu pengunjung rombongan dari BPJamsostek, pada detikcom, Minggu (22/12/2019) mengatakan, suasana yang masih asri dengan sungai yang jernih dan bersih membuat siapapun ingin susur pantai dengan rafting.

"Sangat seru sekali. Kebetulan sungainya deras, kita bisa menikmati arus yang sangat deras, sensasinya luar biasa, pemandangannya indah dan dilengkapi air bersih dan jernih," katanya.

Libur Akhir Tahun, Pekalongan Punya Wisata Rafting Seru DIbutuhkan kekompakan dan kerja sama (Robby Bernardi/detikcom)

Kondisi jeram yang ekstrem membuat sejumlah perahu terbalik karena ketidakkompakan kelompok. Namun, justru inilah yang membuat sensasi tersendiri saat bermain jeram.

"Sempat terbalik tadi. Jadi wah luar biasa, harus mencoba. Track tersulit sebenarnya lima ratus pertama. Sebetulnya kalau kita tenang gak papa sih terbalik. Justru seru kalau terbalik itu. sempat terhanyut tapi keren-keren," jelasnya.


Hal yang sama dialami oleh Kharisma Putri. Menurutnya justru dengan medan seperti yang ada di Lolong ini menguji adrenalin seseorang. Apalagi ada titik perhentian yang pesertanya bisa melompat dari atas batu dengan ketinggian lima hingga sepuluh meter.

"Asyik bermain air. Airnya yang jernih membuat kita senang bila terbalik-balik. Ada juga yang pesertanya boleh lompat di air dengan ketinggian lima meteran lebih," katanya.

Libur Akhir Tahun, Pekalongan Punya Wisata Rafting Seru Rafting di Sungai Sengkarang Lolong Pekalongan. (Robby Bernardi/detikcom)

Maman F, selaku Ketua Rafting Lolong, pada detikcom menjelaskan, kondisi suangi yang bersih dan alami dengan air yang jernih yang membedakan rafting di Lolong dengan tempat lainnya.

"Kami mempunyai sungai yang jernih, jernihnya Sungai Sengkarang ini nilai plus untuk rafting di sini," kata Maman.

Menurutnya ada beberapa titik yang cukup ekstrem dengan berbagai jeram. "Kami juga menawarkan ada permainan lompat dari batu, tingginya lima sampai sepuluh meter, tentunya dalam pengarahan para pemandu kami yang bersertifikat," katanya.

Ditambahkan Maman, para pengunjung sendiri bisa memilih rute yang ditawarkan. "Ada yang rutenya dua jam, tiga jam dan empat jam."


Usai bermain air hampir dua jam, para peserta mendapatkan fasilitas berupa makan siang dan cemilan. Ada juga buah durian khas lolong juga.

"Kebetulan di sini banyak petani durian. Kami menyediakan juga durian khas Lolong. Rasanya legit dan enak," tambah Maman.

Sementara itu, terkait memasuki libur Nataru ini, lokasi Lolong Adventure sudah mulai dirasakan peningkatan pengunjung. "Ada sedikit peningkatan tamu wisatawan bisa diperkirakan satu minggu diperkirakan dua ratus sampai tiga ratus tamu dari dalam kota maupun luar kota Pekalongan. Peningkatan hampir 70 persen," katanya.

Nah asyik kan, menikmati liburan di penghujung tahun ini. Lokasi Lolong Adventure ini berada di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Lokasinya berjarak sekitar 80 menit perjalanan dari Jalur Pantura Pekalongan. Selamat menikmati liburan akhir tahun!




Simak Video "Celebrity on Vacation: Rafting Bareng Marsha dan Joshua di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA