Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Des 2019 08:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Libur Nataru di Kudus, Yuk Main Air di Air Terjun Kali Banteng

Akrom Hazami
detikTravel
Air Terjun Kali Banteng di Kudus. (Akrom Hazami/detikcom)
Kudus - Kamu yang liburan akhir tahun ke Kudus wajib mampir ke Air Terjun Kali Banteng. Air terjun ini cocok banget buat mengisi liburan Natal dan Tahun Baru sambil foto-foto.

Lokasi Air Terjun Kali Banteng berada di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Di objek wisata ini, wisatawan bisa menikmati air terjun setinggi sekitar 20 meter.

Airnya yang jernih dan amat menyegarkan. Wisatawan yang berkunjung, bisa memanfaatkan air dengan mandi sepuasnya. Biasanya, turis yang datang mengajak anggota keluarga atau teman, untuk mandi bersama.

(Akrom Hazami/detikcom)Main air di Air Terjun Kali Banteng Kudus. (Akrom Hazami/detikcom)

Seperti yang tampak pada Senin (23/12) sore. Dari pantauan detikcom, sejumlah wisatawan asyik menikmati air terjun. Ada yang sekadar mandi di tepian, dan ada juga yang yang menikmati air bersih di bawah air terjun.

Objek wisata ini berada di kaki Gunung Muria. Bagi Anda wisatawan yang berasal dari luar kota atau dari arah Semarang, bisa mengambil jalur dari pusat Kota Kudus, menuju arah Rahtawu.


Sesampainya di Desa Rahtawu, silakan kamu mengikuti akses utama. Nantinya akan bertemu dengan tulisan yang menandakan sampai di lokasi. Yakni Air Terjun Kali Banteng. Silakan parkir kendaraan di halaman yang telah disediakan.

Dari lokasi parkir, jaraknya ke lokasi sekitar 50 meter. Lantas, wisatawan harus berjalan kaki di akses setapak. Hingga sampai ke lokasi, kamu akan bertemu dengan dengan pintu masuk, yang ditandai oleh portal tiket. Harga tiketnya pun terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang.

(Akrom Hazami/detikcom)Air Terjun Kali Banteng. (Akrom Hazami/detikcom)

Sesampainya di lokasi, wisatawan bisa meminjam celana pendek guna berenang di air terjun di warung sebelah. Untuk satu celana pendek, harga sewanya Rp 3.000. Wisatawan bisa memanfaatkan kamar mandi untuk ganti baju sebelum berenang.

Trinawati, pengelola objek wisata Air Terjun Kali Banteng, mengatakan bahwa destinasi ini selalu ramai setiap kali memasuki hari libur.

"Terutama saat libur Natal dan Tahun Baru kali ini. Pada libur Natal dan tahun baru ini, setiap harinya lebih dari 20-50 wisatawan. Jumlah itu akan bertambah ketika akhir pekan yakni 100 orang," ungkap Trinawati.


Kebanyakan turis yang datang berasal dari Kudus, Semarang, Jepara, dan kota-kota lainnya. Dia menerangkan, Air Terjun Kali Banteng buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB- 17.00 WIB.

Untuk saat ini, Air Terjun Kali Banteng tidak begitu deras. Lantaran hujan yang turun belum begitu besar intensitasnya. "Kalau musim hujan, bisa lebih deras," ambah Trinawati.

Dian, turis asal Pati mengungkapkan bahwa dia baru pertama kali berkunjung ke sini. Dia pun senang. "Ini pertama kali. Saya bisa menikmati air terjun sembari mandi. Termasuk foto-foto. Harga tiketnya pun murah atau terjangkau," kata dia.



Simak Video "Ada Parkir Liar di Taman Margasatwa Ragunan, Ini Kata Pengelola"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA