Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Des 2019 14:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ramai-ramai Lihat Gerhana dari Bukit Cinta

Uje Hartono
detikTravel
Ramai-ramai mengamati gerhana matahari dari bukit cinta Banjarnegara. (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara - Warga dan wisatawan ramai-ramai mengamati fenomena gerhana matahari dari atas Bukit Cinta Kemantren di Desa Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara.

Yang menarik, mereka mengamati fenomena ini dengan menggunakan peralatan sederhana dari barang bekas. Home made eye filter ini dibuat oleh Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara untuk warga dan wisatawan di puncak bukit cinta Kemantren.



Ramai-ramai Lihat Gerhana dari Atas Bukit Cinta BanjarnegaraMengamati gerhana di Bukit Cinta dengan memakai filter. (Foto: Uje Hartono/detikcom)

Alat tersebut dibuat dengan menggunakan potongan kardus. Sementara filternya menggunakan hasil foto rontgen bekas.

"Ini merupakan kreativitas dari teman-teman di Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara untuk membuat home made eye filter. Tujuannya untuk pengamanan ketika mau melihat fenomena gerhana matahari. Selain itu juga menggunakan teropong dan kamera DSLR," ujar Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie di Bukit Cinta Kemantren, Kamis (26/12/2019).

Ramai-ramai Lihat Gerhana dari Atas Bukit CintaHome made eye filter untuk amati gerhana dari Bukit Cinta Banjarnegara. (Foto: Uje Hartono/detikcom)

Kabupaten Banjarnegara menjadi salah satu daerah yang bisa menyaksikan fenomena gerhana matahari walaupun tidak penuh. Di sini yang dapat diamati adalah Gerhana Matahari Sebagian (GMS), alias bukan Gerhana Matahari Cincin (GMC).

"Yang paling terlihat itu di sebelah utara Sumatra dan Kalimantan. Kalau di Banjarnegara ini bisa melihat tapi tidak 100 persen. hanya sekitar 70 persen," terangnya.

Ramai-ramai Lihat Gerhana dari Atas Bukit Cinta BanjarnegaraGerhana matahari di Bukit Cinta bersifat sebagian. (Foto: Uje Hartono/detikcom)

Salah satu wisatawan, Hendra, mengaku penasaran dengan fenomena gerhana matahari. Ia pun menyempatkan diri untuk melihat fenomena tersebut dengan menggunakan peralatan milik BMKG.

"Saya tahu BMKG memantau fenomena gerhana matahari dari atas bukit cinta di Desa Kalilunjar, makanya saya ke sini. Ingin melihat langsung gerhana matahari cincin," kata dia.





Simak Video "Sempat Trending, #GerhanaMatahariCincin Bikin Galau Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA