Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Des 2019 05:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Gunung Bromo yang Eksotis Bisa Bikin Serasa Bukan di Bumi

Bonauli
detikTravel
Gunung Bromo yang eksotis. (Foto: Ulet Ifansasti/Getty Images)
Jakarta - Gunung Bromo yang jelita menjadi salah satu destinasi kebanggaan warga Jawa Timur. Eksotisnya pemandangan gunung vulkanik juga bisa membuat Bromo terlihat seperti planet lain.

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Jawa Timur. Gunung yang memiliki ketingggian 2.329 meter di atas permukaan laut ini terdapat dikawasan empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan,dan Kabupaten Lumajang.

Gunung Bromo mempunyai kawah dengan diameter sekitar 800 meter arah utara-selatan dan sekitar 600 meter arah timur-barat. Daerah bahaya Gunung Bromo berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Gunung Bromo masih satu kawasan dengan Gunung Semeru, yaitu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang luas 800 km.



Sisi Gunung Bromo yang Mirip Planet LainGunung Bromo. (Foto: Devy Rizkillah/d'Traveler)

Sebagai salah satu destinasi wisata, Gunung Bromo ini masih perlu diwaspadai karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Suhu di sekitar Bromo berkisar antara 3-20 derajat Celcius.

Sejarahnya, Gunung Bromo sudah mengalami lebih dari 50 erupsi sejak 1804. Karena aktivitas dari gunung vulkanik inilah Bromo punya lanskap yang unik.

Wisatawan diimbau untuk tidak mendekat sampai radius 1 km. Namun dari jarak aman pun Bromo seperti tak kehilangan pesona. Kawah Bromo yang aktif memberikan pemandangan asap yang tak ada habisnya.

Sisi Gunung Bromo yang Mirip Planet LainPesona Gunung Bromo. (Foto: Puspita Yudaningrum/d'Traveler)

Pemandangan ini membuat kesan seolah-olah Bromo bukanlah bagian dari Bumi. Kawasan sekitar kawah terlihat gersang dan penuh debu vulkanik membawa imajinasi tentang kehidupan prasejarah yang pernah ada.

Akibat keindahan yang istimewa itu pula The Travel.com menyebut komplek vulkanik Gunung Bromo punya pemandangan eksotis bagaikan sebagai prasejarah, bahkan serasa berada di planet lain.

Tiket masuk kawasan wisata Gunung Bromo berdasarkan data dari Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) bagi wisatawan lokal pada hari kerja yakni Rp 29 ribu. Sedangkan tarif hari libur Rp 32.500.



Sisi Gunung Bromo yang Mirip Planet LainGunung Bromo yang indah. (Foto: Ulet Ifansasti/Getty Images)

Kemudian tarif masuk kawasan wisata Gunung Semeru Rp 19 ribu pada hari kerja. Sementara di hari libur Rp 24 ribu.

Sedangkan wisatawan mancanegara yang masuk ke Gunung Bromo harus merogok kocek Rp 220 ribu di hari kerja dan Rp 320 ribu di hari libur. Kemudian tarif masuk wisman ke kawasan wisata Gunung Semeru sebesar Rp 210 ribu di hari kerja dan Rp 310 ribu di hari libur.




Simak Video "3 Tempat Sembahyang Umat Hindu di Bromo Rusak, Polisi Turun Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA