Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Des 2019 20:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Suara Gong dan Kakek Misterius di Air Terjun Cianjur

Ismet Selamet
detikTravel
Di balik keindahan air terjun di Cianjur ini, ada pula kisah mistis yang melekat. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur - Kisah mistis kerapkali menyelimuti sejumlah tempat. Salah satunya ada di Curug Cigoong, Kampung Tabrig, Cianjur. Ada suara gong dan sosok kakek misterius!

Curug Cigoong atau air terjun Cigoong ini masuk Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong, Cianjur. Suara gong yang merupakan alat musik tradisional kenal terdengar saat Minggu dan Kamis malam.

Suara itu sering didengar oleh para petani yang tengah berjaga kebunnya di sekitaran curug itu. Sebab mereka tak ingin babi hutan merusak tanamannya. Sejak itulah, curug beserta aliran sungainya disebut dengan nama Curug Cigoong.

Suara Gong & Kakek Misterius di Air Terjun CianjurCurug Cigoong di Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)

Sampai sekarang sumber suara itu masih belum terjelaskan. Meski kini suara gong mulai tak banyak terdengar, namun warga masih percaya jika penunggu curug itu masih ada dan membunyikan suara gong di waktu tertentu.

"Memang sekarng sudah tak rutin terdengar setiap Malam senin atau malam Jumat, tapi kadang masih terdengar. Dulu Curug itu jadi sakral, sekarang sudah mulai sering ditangani wisatwan," kata Uden Suherlan (36), pemandu wisata setempat.


Meski keberadaannya tak begitu mengganggu namun warga tetap dibuat takut. Bahkan menurutnya, beberapa wisatawan yang datang pernah bertemu sesosok kakek yang mengenakan pakaian zaman dulu dengan sarung dan tas dari bahan bambu.

"Ketika ditanya tidak jawab, begitu udah lewat saya sama beberapa warga nengok udah nggak ada," kata dia.

Tapi, ungkap dia, terkadang sosok di kawasan curug itu mengingatkan kepada kebaikan. Jika ada wisatawan khsusunya laki-laki yang berada di curug pada waktu salat apalagi dikala mendekati salat Jumat, maka akan terdengar bisikan untuk segera pergi ke masjid dan menunaikan ibadah salat.

"Beberapa wisatawan sempat mendengarnya, dan mereka segera salat," kata dia.

Suara Gong & Kakek Misterius di Air Terjun CianjurAsyiknya main air di Curug Cigoong. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)

Meski diselimuti berbagai kisah mistis, tapi panorama Curug Cigoong tetap menjadi daya tarik. Tidak lengkap rasanya datang ke Cianjur jika tak berkunjung ke curug tersebut, apalagi lokasinya yang tak jauh dari jalan nasional.




Simak Video "Air Terjun Tai Bai, Niagara Kecil di Polewali Mandar"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA