Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Des 2019 20:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Malam Tahun Baru, Begini Kondisi Titik Nol Yogya

Pradito Rida Pertana
detikTravel
Titik Nol Kilometer Yogyakarta (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Titik Nol Kilometer Yogyakarta (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta - Di malam pergantian tahun, alias malam tahun baru, Titik Nol Kilometer Yogyakarta berubah menjadi lautan manusia. Sedangkan arus lalu lintas di sekitar tempat tersebut tampak berlangsung ramai lancar.

Pantauan detikcom pukul 19.53 WIB, tampak suasana di simpang 4 ini begitu ramai wisatawan dan masyarakat. Tampak pula beberapa wisatawan tengah mengabadikan momen dengan latar belakang Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

Selain itu, tampak beberapa wisatawan tengah duduk lesehan di pedestrian Titik Nol Kilometer. Beralaskan plastik berukuran 1x2 meter, mereka tampak menikmati suasana pergantian malam di simpang 4 tersebut.

Tak hanya itu, saat ini baik wisatawan dan masyarakat tengah berkonsentrasi di depan Gedung Agung, karena Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) tengah berada di Yogyakarta.

Malam Tahun Baru, Begini Kondisi Titik Nol YogyaTitik Nol Kilometer Yogyakarta di malam tahun baru. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)

Meski dijejali banyak orang, arus lalu lintas dari Malioboro ke Titik Nol berlangsung ramai lancar, tidak ada antrean kendaraan bermotor di Jalan tersebut. Hal itu karena rekayasa lalu lintas yang diterapkan Dishub dan Satlantas Polresta Yogyakarta.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho mengatakan, bahwa penutupan jalan dimulai dari sekitar pukul 17.00 untuk kendaraan roda empat.

"Selanjutnya penutupan total berlangsung pukul 19.00. Nanti yang bisa masuk sementara ini hanya kendaraan roda dua. Kalau untuk roda empat sudah tidak bisa," katanya saat dihubungi wartawan, Selasa (31/12/2019).

Malam Tahun Baru, Begini Kondisi Titik Nol YogyaKondisi Titik Nol Kilometer Yogyakarta di malam tahun baru. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)

Sedangkan untuk rekayasa lalin, ia menyebut dimulai dari simpang 3 Gardu Anim hingga Jalan Mataram menuju Jembatan Kleringan. Selanjutnya diarahkan menuju jembatan Gondolayu untuk ke Utara.

"Untuk arah jalan Pasar Kembang berputar hingga Stadion Kridosono. Lalu, arus dari selatan ini dialihkan ke barat menuju simpang 4 Jlagran, jadi arus yang dialihkan dari simpang Jlagran tidak bisa ke timur.

"Dan simpang 4 Gondomanan tidak bisa ke barat menuju Senopati," imbuhnya.

Selain itu, kendaraan dari simpang Kauman tidak bisa memasuki kawasan Alun-Alun Utara. Nantinya kendaraan dari barat simpang 3 PKU dialihkan menuju Utara melalui jalan Bhayangkara. "Untuk simpang 4 Gerjen dari barat dialihkan ke Utara. Sementara yang dari selatan dialihkan ke barat dan Utara," katanya.




Simak Video "Catat! Rekayasa Lalu Lintas Jakarta di Malam Tahun Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA