Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 05 Jan 2020 19:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kali Biru, Spot Instagramable Keren dari Sulawesi Barat

Abdy Febriady
detikTravel
Kali Biru di Polewali Mandar ( Abdy Febriady/detikcom)
Polewali - Di Sulawesi Barat, tepatnya di Kabupaten Polewali Mandar, ada tempat seru berburu foto. Namanya Wisata Kali Biru, tempat instagramable yang asyik untuk keluarga.

Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, memiliki kawasan wisata alam yang Instagramable. Namanya Kali Biru, terletak di Dusun Biru, Desa Batetanga, Kecamatan Binuang.

Kawasan wisata seluas lebih kurang 1 hektar ini, berada di kaki Gunung Buttu Bulo, berjarak sekira 35 kilometer dari kecamatan Polewali, Ibu Kota Kabupaten Polewali Mandar. Destinasi ini dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saja.

Selain menawarkan panorama alam yang indah, Kali Biru dilengkapi sejumlah fasilitas menarik yang membuat nyaman. Kali Biru juga memiliki lima kolam renang dengan aneka ukuran, serta sejumlah spot foto keren yang instagramable, tentunya dengan ciri khas nuansa alam.

(Abdy Febriady/detikcom)(Abdy Febriady/detikcom)

Setiap kolam renang di Kali Biru, terisi air pegunungan yang terus mengalir, membuat pengunjung betah berlama-lama bermain dalam kolam, sambil merasakan kesejukan airnya.

Bukan hanya itu, kawasan wisata kali biru berbatasan dengan sungai, yang dipenuhi bebatuan besar, cocok menjadi tempat bersantai bersama keluarga, di bawah rindangnya dedaunan pepohonan tinggi.

Istimewanya lagi, di kawasan wisata Kali Biru, tumbuh aneka macam buah-buahan lokal, dari rambutan, langsat, hingga yang menjadi primadona buah durian. Tidak mengherankan, jika banyak warga yang mengenal kali biru sebagai surga pencita buah durian.

Pada musim buah seperti sekarang ini, warga yang berkunjung dapat menikmati buah-buahan tersebut, dengan harga yang terjangkau dan tentunya rasa yang tidak mengecewakan. Dijamin, manis dan legit. Apalagi, khusus siang hari, buah-buahan yang terjatuh dari pohon di kawasan wisata Kali Biru, digratiskan buat pengunjung yang beruntung.

 (Abdy Febriady/detikcom) (Abdy Febriady/detikcom)

Menarik bukan, tentunya buah-buahan tersebut dapat dinikmati, sembari berendam dalam kolam ataupun di duduk santai di atas bebatuan besar yang terhampar di tengah sungai. Tapi ingat, jangan buang sampah sembarangan ya. Kulit buah durian jangan dibuang ke sungai, namun dikumpul pada sejumlah tempat yang telah disiapkan oleh pengelola wisata.

"Kalau musim buah seperti sekarang ini, buah yang jatuh di siang hari kita gratiskan kepada pengunjung," ujar pengelola Kali Biru, Andi Fadel Anugrah, kepada wartawan.

Menurut Andi Fadel, keberadaan beberapa kolam renang serta spot foto yang instagramable, menjadi daya tarik warga untuk berkunjung ke kawasan wisata ini.

"Semuanya memang telah kita persiapkan, yang kita andalkan kolamnya, ada beberapa, ada spot foto yang memancing masyarakat untuk berkunjung, ada juga beberapa wahana," ungkapnya.

(Abdy Febriady/detikcom)(Abdy Febriady/detikcom)

Tidak mengherankan, dengan usia yang masih relatif muda, kawasan wisata kali biru selalu ramai pengunjung, khususnya saat musim liburan tiba.

"Saya dapat kabar di media sosial dan banyak yang jadi penasaran. Tempat wisatanya lumayan bagus. Saya datang bersama keluarga," ujar salah satu pengunjung Rusli Johan, yang mengaku berasal dari Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Kali Biru dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung, di antaranya gazebo, musala, toilet umum, dan warung. Warga yang ingin merasakan sensasi berwisata di Kali Biru yang instagramable, hanya perlu merogok kocek Rp 5.000 per orang.




























Simak Video "Gubernur Sulbar Bagi-bagi Sembako ke Warga Terdampak Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA