Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Jan 2020 09:16 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Air Terjun Mungil di Pulau Kecil Karimunbesar

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Air Terjun Pongkar (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Air Terjun Pongkar (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Karimun - Pulau Karimunbesar tak memiliki gunung, hanya perbukitan. Di pulau yang terbilang kecil ini ada sebuah air terjun yang mungil, Pongkar namanya.

Dikatakan warga lokal, Air Terjun Pongkar terletak di kaki Gunung Jantan, Desa Pongkar, Kecamatan Tebing. Untuk menjangkaunya kita harus melalui jalanan berbukit yang berliku.

Ketika sampai di lokasi, kamu harus menyusuri aliran sungai kecil yang berhias pepohonan hutan rindang. Bagi yang menyukai treking, Air Terjun Pongkar adalah destinasi pas.

Kawasan hutan di sekitar air terjun terbilang lebat dan masih terjaga keasriannya. Maka, tak heran bila Anda dapat berjumpa dengan sekelompok monyet. seperti di tempat wisata lainnya, monyet-monyet di sini juga jinak

Air Terjun Mungil di Pulau Kecil KarimunbesarFoto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

Air Terjun Mungil di Pulau Kecil KarimunbesarFoto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

Di bawah Air Terjun Pongkar terdapat kolam yang menampung aliran air. Banyak pengunjung yang mandi atau sekadar menikmati pemandangannya.

Air Terjun Pongkar berjarak kurang lebih 15 kilometer dari Kota Tanjung Balai Karimun atau 3 kilometer dari Pantai Pongkar ke arah tenggara. Perjalanan menuju Pantai Pongkar memakan waktu sekitar 20 menit dari pusat kota.

Saat ini belum ada kendaraan umum untuk mencapai pantai tersebut. Jadi, perjalanan harus Anda tempuh dengan kendaraan pribadi atau ojek.

Air Terjun Mungil di Pulau Kecil KarimunbesarFoto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

Anda juga bisa menggunakan taksi tanpa argo yang banyak mangkal di sekitar pelabuhan. Infrastruktur jalan menuju lokasi tergolong mulus.

Meski di daerah perbatasan RI, Lebar badan jalannya sekitar 6 meter sehingga bisa dilalui dengan dua lajur kendaraan roda empat atau enam. Kualitas jalannya terbilang sudah cukup bagus dan mulus.

Jangan khawatir kelaparan jika mengunjungi Air Terjun Pongkar. Di sana sudah ada rumah makan di tempat parkir dan beberapa warung kecil di sekitar air terjunnya.




Simak Video "Bus Kayu di Karimun yang Jadi Idola Turis Mancanegara"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA