Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Jan 2020 14:21 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mumpung Masih Gratis, Kuy Naik KA Bandara Solo

Bayu Ardi Isnanto
detikTravel
Naik kereta Bandara Solo (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Semenjak dioperasikan akhir tahun 2019, masyarakat antusias menaiki Kereta Api Bandara Solo. Mereka memanfaatkan kereta bandara untuk wisata karena masih gratis.

Kereta Api (KA) Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) Solo digratiskan selama dua bulan sejak dioperasikan perdana pada 29 Desember 2019 lalu. Masyarakat banyak memanfaatkannya untuk berekreasi.

Terlihat di peron KA BIAS, Stasiun Balapan, Selasa (7/1/2019), para penumpang rata-rata anak-anak bersama orang tua mereka. Hanya sedikit penumpang yang membawa koper menuju bandara.


Saat awal diluncurkan, jadwal operasi KA BIAS hanya tiga kali sehari pergi-pulang (PP) Stasiun Balapan-Bandara Adi Soemarmo. Saat ini KA BIAS beroperasi 12 kali PP sehari.

Kereta paling pagi berangkat dari Stasiun Balapan pukul 04.25 WIB dan paling malam pukul 18.58 WIB. Jarak waktu setiap keberangkatan ialah di kisaran 80 menit.

Warga yang ramai naik Kereta BIAS (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)Warga yang ramai naik Kereta BIAS (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Adapun kereta berwarna hijau itu sebenarnya sudah tiba di Solo sejak Mei 2019. Sambil menunggu jalur ke bandara selesai, KA tersebut difungsikan untuk KA Solo Ekspres relasi Solo-Yogyakarta-Kutoarjo.

Fasilitas di dalam kereta cukup komplet, yakni kursi empuk, AC, televisi, charger port, toilet dan kursi khusus difabel. Satu rangkaian kereta berkapasitas 200 penumpang duduk dan 100-an penumpang berdiri.


Yang menarik, sebagian jalur KA BIAS berdampingan dengan jalan tol di wilayah Boyolali. Ada dua terowongan yang berdekatan yang dilintasi kereta. Jarak antara Stasiun Balapan hingga Bandara Adi Soemarmo terhitung sekitar 13,5 km. Jarak tersebut ditempuh selama 19 menit.

Di Stasiun Balapan, penumpang dapat melihat jadwal penerbangan bandara Solo. Begitu pula sebaliknya, di Bandara Adi Soemarmo, penumpang bisa mengetahui jadwal kereta.

 (Bayu Ardi Isnanto/detikcom) (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Salah satu penumpang, Novita, mengatakan sengaja mencoba KA BIAS. Dia bersama rombongan taman kanak-kanak tempat anaknya bersekolah.

"Mumpung masih gratis, pengin rekreasi. Tadi anak selesai sekolah, langsung berangkat bareng-bareng ke sini, kata Novita, warga Banjarsari, Solo.

Manajer Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto, mengatakan selama 10 hari beroperasi animo masyarakat cukup tinggi. Hampir seluruh tempat duduk KA terisi.

"Sementara masih digratiskan oleh pemerintah, untuk sosialisasi. Animonya cukup tinggi, hampir selalu penuh, meskipun bukan hari libur. Bisa untuk liburan keluarga," kata Eko.



Simak Video "Dalam 20 Hari, Polisi Tangkap 10 Pelaku Curanmor di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA