Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Jan 2020 18:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sawah di Jogja Ini Begitu Terkenal

Sayoto Ashwan
detikTravel
Sawah Bulak Pronosutan Kulon Progo, Yogyakarta (Foto: Sayoto Ashwan/detikcom)
Sawah Bulak Pronosutan Kulon Progo, Yogyakarta (Foto: Sayoto Ashwan/detikcom)
Jakarta - Yogyakarta punya magnet untuk semua tempatnya. Bahkan, hamparan sawah ini amat terkenal di media sosial. Tahu?

Berwisata menjadi salah satu cara untuk menghilangkan penat setelah sepekan bekerja. Rutinitas di kantor menjadikan tubuh perlu dimanjakan dengan kesegaran alam.

Kabupaten Kulon Progo punya banyak tempat-tempat wisata alam di Perbukitan Menoreh. Selain mudah dijangkau, panoramanya yang indah cocok bagi yang hobi foto-foto mengabadikan momen-momen spesial.

Salah satu tempat yang booming untuk selfie dan berfoto adalah hamparan persawahan yang ada di Bulak Pronosutan. Lokasinya ada di Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan.

Sawah di Jogja Ini Begitu TerkenalPersawahan yang ada di Bulak Pronosutan, Yogya (Foto: Sayoto Ashwan/detikcom)

Wisatawan bisa berfoto di tengah hamparan sawah Bulak Pronosutan dengan kondisi siap panen. Sementara background di belakang merupakan hamparan Perbukitan Menoreh yang hijau. Jika cuaca sedang cerah, Gunung Merapi akan nampak dengan gagahnya di sisi utara.

"Dua pekan ini booming, setiap hari ada ratusan yang datang ke sini," ujar Parjiman, salah seorang petani, Minggu (11/1/2020).

Menurutnya, terkenalnya Bulak Pronosutan setelah diunggah di berbagai media sosial, baik di Facebook, Twitter maupun Instagram. Foto hamparan sawah yang hijau dengan jalan beton di tengah dan beberapa pohon sengon menjuntai menjadikan siapapun ingin datang ke tempat ini.


Hanya saja saat ini, tanaman padi yang ada di Bulak Pronosutan sudah mulai menguning. Bahkan beberapa petak sudah mulai dipanen petani. Namun jangan salah, justru berfoto bersama petani dan merontokkan padi justru menjadi background tersendiri.

"Biasanya ramainya saat pagi jam-jam 9, banyak yang datang dengan sepeda," jelasnya.

Salah seorang wisatawan Hesti Harsiwi mengaku sengaja datang dari Demakijo, Yogyakarta. Dia penasaran dengan berbagai foto tempat itu yang muncul di beberapa media sosial yang dia ikuti.

"Penasaran saja, di foto tempatnya bagus," tutur mahasiswa salah satu perguruan swasta yang ada di Yogyakarta ini.

Masa panen di persawahan yang ada di Bulak Pronosutan, yogyaMasa panen di persawahan yang ada di Bulak Pronosutan, Yogya (Foto: Sayoto Ashwan/detikcom)

Sementara itu, Wahyu Setyorini mengaku datang ke Bulak Pronosutan untuk survey lokasi. Kebetulan dia memang hobi gowes, menyusuri alam pedesaan dengan sepeda.

"Tahu tempat ini dari Twitter, karena menarik saya ke sini untuk survey gowes," terangnya.

Wahyu sendiri melihat tempatnya cukup representatif untuk bersepeda. Selain jalurnya datar dan halus, tidak banyak tanjakan di Bulak Pronosutan. Tempat seperti ini cocok untuk komunitas sepeda yang melibatkan ibu-ibu muda.

Apalagi tidak jauh dari lokasi ini ada beberapa warung kuliner dengan menu tradisional yang tempatnya luas. "Biasanya kita datang dengan mobil, kemudian bersepeda menjelajahi alam desa," tutur warga Jalan Parangtritis, Yogyakarta ini.

Untuk sampai ke Bulak Pronosutan, jalurnya cukup mudah. Dari Tugu Pal Putih Yogyakarta, terus ke barat sejauh 30 kilometer hingga melintasi Jembatan Progo yang berbatasan antara Sleman dan Kulon Progo.

Selepas perempatan lurus ke barat sejauh 300 meter. Dari situ tinggal masuk ke kanan di tengah desa, menuju ke tengah sawah Bulak Pronosutan.

Anda tertarik ke persawahan Bulak Pronosutan?

Simak Video "Jokowi Pastikan Bandara Kulon Progo Beroperasi Penuh saat Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA