Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Jan 2020 23:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kebun Teh Kekinian yang Instagramable di Sumedang

Muhamad Rizal
detikTravel
Pengunjung berswafoto di Wisata Disbun Sumedang. Foto: (Muhamad Rizal/detikcom)
Sumedang -

Sumedang punya destinasi baru untuk pecinta spot instagramable. Tempat wisata di Sumedang ini berada di Desa Sukajadi. Lihat yuk!

Hanya bermodal Rp 10 juta rupiah, Desa Sukajadi, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang mampu membuat spot wisata berbasis keindahan alam di areal kebun teh.

Meski berupa kebun teh, tempat ini difasilitasi dengan berbagai spot foto, Gazebo dan bangunan modifikasi dari bambu belum lagi pengunjung bisa menikmati Pemandangannya yang hijau dan asri. Tempat ini cocok bagi wisatawan yang menginginkan wisata ala Pedesaan.

Lokasi wisata Kebun Teh ini berada di ujung timur Kabupaten Sumedang. Wisatawan bisa menuju ke kawasan wisata ini menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar satu jam atau 40 Kilometer dari pusat kota Sumedang.

Salah satu spot foto di Disbun SumedangSalah satu spot foto di Disbun Sumedang (Muhamad Rizal/detikcom)


Berada di sini, pengunjung bisa dimanjakan dengan pemandangan alam yang memukau. Hijaunya kebun teh yang membentang menjadi penyejuk suasana.

Juga pengunjung bisa mengunjungi perahu Bambu. Ini merupakan salah satu spot yang diburu para pengunjung. Di sini, terdapat perahu bambu yang menjorok ke arah kebun.


Pemerintah Desa Sukajadi, bekerjasama dengan Perhutani memanfaatkan areal kebun teh menjadi tempat wisata dengan keindahan alamnya.

"Areal yang kita kelola mencapai luasan 7 hektare. Ini tempat wisata baru di wilayah Wado dengan kemasan wisata alam," kata kepala Desa Sukajadi, Dede Suhendar, saat ditemui detikcom di tempat wisata kebun teh, Rabu (22/1/2020).

 Kawasan di sini sangat asri Kawasan di sini sangat asri (Muhamad Rizal/detikcom)


Meski peluncurannya belum lama, wisata kebun teh ini sudah menarik perhatian wisatawan lokal, terutama di kalangan milenial.

"Alhamdulillah meski baru mampu menyedot pengunjung sekitar 200 orang per hari," katanya.

Untuk menikmati wisata alam ini, pengunjung tidak dipungut biaya karcis. Pengunjung cuma dikenakan untuk parkir sebesar Rp 2.000. Selain banyak spot foto kekinian, pengunjung juga bisa melihat langsung proses pemetikan teh oleh petani.

Pengunjung di Wisata Disbun  (Muhamad Rizal/detikcom)Pengunjung di Wisata Disbun (Muhamad Rizal/detikcom)


Dede mengatakan, pihaknya akan terus mengembangkan wisata tersebut , agar ke depannya dapat terkonsep dan terkelola dengan baik.

"Kami membuka peluang investor luar untuk mau mengembangkan Wisata Disbun ini," katanya.



Simak Video "Polisi Periksa Emak-emak Gunting Bendera Merah Putih"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA