Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 31 Jan 2020 08:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Lembah Putri, si Cantik di Pangandaran

Faizal Amiruddin
detikTravel
Lembah Putri Pangandaran
Foto: (Faizal Amiruddin/detikcom)
Pangandaran -

Pangandaran punya banyak tempat menarik untuk disambangi saat liburan. Kamu yang mau menikmati Samudera Pasifik secara langsung bisa datang ke Lembah Putri.

Keindahan alam pesisir Kabupaten Pangandaran Jawa Barat seakan tak ada habisnya. Satu lokasi indah yang sayang dilewatkan jika sedang berlibur ke Pangandaran adalah kawasan Lembah Putri di Desa Putrapinggan Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran.

Lokasi ini merupakan sebuah bukit yang terletak di bibir pantai. Setelah menempuh jalan aspal yang menanjak, pengunjung bisa menyaksikan birunya samudera Hindia dari puncak bukit dan di sebelah hamparan pesawahan yang hijau.

Di Lembah Putri Pangandaran, pengunjung juga bisa melihat beragam jenis burung liar yang menghuni pepohonan lebat. Burung cangkurileung, burung dudut, burung perkutut sampai burung puyuh bisa dengan mudah dijumpai dan didengar kicauannya. Aneka pepohonan pun banyak dijumpai, mulai dari pohon buah-buahan sampai tanaman hias.

Melihat Samudera Pasifik dari PangandaranFoto: (Faizal Amiruddin/detikcom)



Kawasan Lembah Putri Pangandaran juga selama ini menjadi kawasan favorit sejumlah fotografer untuk dijadikan lokasi pemotretan prewedding berkonsep alam bebas atau pantai.

"Saya sering garap prewedding di Lembah Putri, pemandangan bagus dan vegetasi rimbun. Cocok untuk konsep alam bebas," kata Tedi Hendriandi, seorang fotografer warga Kota Tasik, Kamis (30/1/2020).

Namun demikian, kawasan Lembah Putri ini sangat minim fasilitas. Tak ada pedagang, tak ada penginapan dan fasilitas lainnya. Sebenarnya Lembah Putri ini merupakan kawasan wisata agrowisata yang dibangun pihak swasta.

Namun sejak beberapa tahun terakhir dibiarkan terbengkalai. Investasi lumayan besar yang dibangun sekitar tahun 2000 ini dibiarkan mangkrak.

Melihat Samudera Pasifik dari PangandaranFoto: (Faizal Amiruddin/detikcom)



"Lembah Putri ini milik seorang pengusaha asal Surabaya. Diresmikan pada tahun 2002 silam. Tak tahu apa sebabnya, sudah bertahun-tahun dibiarkan terbengkalai. Awalnya ini adalah kawasan agrowisata dan waterboom," kata Wawan, penjaga kawasan itu.

Tapi walaupun terbengkalai, masih ada pengunjung terutama di akhir pekan yang singgah untuk sekedar berfoto atau menikmati ketenangan di puncak bukit ini.

"Karena masih ada pengunjung yang datang. Ya saya inisiatif bersih-bersih di kawasan ini. Pengunjung yang datang biasanya memberi sekedar untuk membantu saya. Tidak ditarif, kadang diberi Rp 10 ribu kadang lebih bahkan tidak sama sekali," papar Wawan.

Melihat Samudera Pasifik dari PangandaranFoto: (Faizal Amiruddin/detikcom)



Kawasan Lembah Putri ini biasanya menjadi persinggahan mereka yang baru pulang dari Pangandaran, namun belum puas foto-foto. "Atau biasanya wisatawan yang hendak ke Pangandaran tapi masih menunggu waktu check-in hotel. Nah biasanya mampir dulu ke sini," kata Wawan.

Wawan juga mengatakan Lembah Putri memiliki pemandangan yang bagus dan suasana yang tenang.

"Makanya sering jadi tempat pacaran," pungkas Wawan.



Simak Video "Melihat Sederhananya Perayaan HUT ke-150 Sukabumi Saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA