Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Feb 2020 17:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Yuk, Main di Sawah Instagramable Cianjur

Ismet Selamet
detikTravel
Kampung Budaya Pandanwangi
Kampung Budaya Pandanwangi yang Instagramable di Cianjur (Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Cianjur memang terkenal dengan hasil sawahnya. Membuka diri sebagai destinasi edukasi, Cianjur punya sawah instagrammable, Kampung Budaya Pandanwangi.

Kampung Budaya Pandanwangi, destinasi wisata yang dikembangkan Pemerintah Kabupaten Cianjur yang berada di Desa Tegalega, Kecamatan Warungkondang kini menjadi daya tarik wisata. Tidak hanya mengenalkan budidaya beras unggulan, destintasi wisata edukasi itu juga memiliki spot yang instagramable bernuansa alam.

Kawasan wisata yang berada di atas lahan pertanian Pandanwangi seluas 6 hektar tersebut mulai ditata sejak 2018 lalu.

Meski tingkat kunjungan masih belum banyak, seperti destinasi wisata lainnya. Namun Kampung Budaya Pandanwangi ditargetkan menjadi destinasi unggulan Cianjur ke depan.


"Destinasi wisata ini kami kembangkan sebagai wisata edukasi dengan keunggulan alam yang masih asri serta menunjukan kekayaan agraris Cianjur, salah satunya komoditas beras Pandanwangi," ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Cianjur, Yudi Ferdiana, Minggu (2/2/2020).

Yuk, Main di Sawah Instagrammable CianjurFoto: (Ismet Selamet/detikcom)


Menurutnya, saat ini kampung wisata tersebut sudah memiliki sejumlah fasilitas, diantaranya tujuh buah leuit atau tempat penyimpangan gabah, hingga beberapa rumah tradisional dan sebuah pendopo.


Bahkan, ada juga wahana skywalk yang belum lama ini dicat ulang dengan warna pelangi sehingga makin menarik, dan menjadi spot foto yang instagramable.

"Kemarin sudah dilakukan pengecatan area Skywalk, itu hanya supaya lebih berwarna saja. Namun, yang paling utama adalah bagaimana wisatawan bisa berkunjung ke sini untuk mendapatkan edukasi pertanian," ujar Yudi.

Yuk, Main di Sawah Instagrammable CianjurFoto: (Ismet Selamet/detikcom)

Saat ini destinasi wisata tersebut sudah mulai menarik perhatian pengunjung, meski baru sebatas untuk berswafoto. Apalagi, bagian latar belakang destinasi wisata tersebut tepat mengarah ke Gunung Gede Pangrango, sehingga semakin menambah indah foto yang diambil, terlebih jika cuaca sedang cerah.

"Sebetulnya wisata Kampung Pandan Wangi ini belum selesai semua pembangunannya namun kami juga tidak menutup akses bagi wisatawan yang ingin lebih dulu untuk menikmati suasananya, bisa dimanfaatkan untuk sekedar berfoto-foto," ucap dia.

Yudi menambahkan, dalam pembangunan selanjutnya, ada beberapa fasilitas tambahan untuk menunjang wisata edukasi pertanian tersebut. Misalnya lahan pertanian yang menjadi lokasi menanam, dan rencana pembuatan kereta gantung.

"Nanti wisatawan dapat menyaksikan seluruh kegiatan dan destinasi wisata secara keseluruhan dari atas ketinggian," jelasnya.

Yuk, Main di Sawah Instagrammable CianjurFoto: (Ismet Selamet/detikcom)


Selain itu, juga akan disediakan lahan khusus yang dijadikan wahana edukasi. Nantinya pengunjung bisa mencoba menanam hingga memanen padi Pandanwangi di kawasan Kampung Budaya Pandanwangi.

"Nanti kami akan sediakan bagi mereka (wisatawan-red) yang ingin mencoba praktik bertani, seperti membajak, mencangkul, bercocok tanam, dan lain sebagainya. Kami bekali juga berbagai perlengkapan pertaniannya, lengkap dengan pakaian ala petani,"tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Pengelola Pariwisata Kampung Budaya Pandanwangi, Sopidin mengatakan, saat ini tingkat kunjungan masih minim, hanya sekitar 60-100 pengunjung setiap harinya.

Namun dia optimis ke depannya wisata Kampung Budaya Pandanwangi bisa menjadi objek wisata unggulan di Cianjur. Sebab selain menawarkan wahana edukasi pertanian, juga terdapat spot foto yang instagramable.

"Apalagi tiket masuknya murah, hanya Rp 7 ribu per orang. Mulai ada peningakatan ketika kami bukan sarana edukasi proses penanaman padi, terutama dari anak sekolah. Kami harap nantinya wisata ini jadi salah satu unggulan di Cianjur," pungkasnya.



Simak Video "Minggu Sore, Jalur Cianjur Puncak Macet Parah"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA