Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Feb 2020 18:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Serangga 'Vampire', Kuliner Ekstrem dari Papua

Bonauli
detikTravel
Serangga tonggeret
Foto: (Hari Suroto/Istimewa)
Jakarta -

Liburan ke Papua jangan cuma lihat keindahan alamnya. Untuk kamu yang suka kuliner ekstrem, Papua punya tonggeret untuk dicoba.

Alam Papua yang kaya menjadikannya sebagai salah satu wilayah konservasi di Indonesia. Tiap sudutnya punya ekosistem yang menarik untuk diulik.

Kekayaan alamnya berbanding lurus dengan keragaman kulturnya, apalagi kulinernya. Keunikan kuliner Papua memang sudah menggaung di dunia pariwisata. Sebut saja papeda sampai ulat sagu.

Tapi ternyata kuliner ekstrem Papua bukan cuma itu saja lho! Layaknya sederet negera di Asia yang mengkonsumsi serangga sebagai kuliner ekstrem, Papua juga punya dengan jenis tonggeret.

Tonggeret adalah serangga pohon yang mengeluarkan suara nyaring. Masuk dalam famili Cicadidae, tonggeret dijuluki sebagai serangga 'vampire'. Hal ini dikarenakan cara makan tonggeret yang tidak biasa.

Kalau banyak serangga yang memakan daun atau serangga yang lebih kecil, tonggeret menghisap sari makanan dari batang pohon. Mirip dengan vampire, tonggeret pun diberi julukan serupa.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA